Tapanuli Tengah-Sumut Diguncang Gempa 5,1 Magnitudo, BMKG: Hati-hati Gempa Susulan

Nusantaratv.com - 12 November 2021

Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Tapanuli Tengah, Nusantaratv.com-Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara diguncang gempa bumi berkekuatan 5,1 magnitudo, pada Jumat (12/11/2021) sekitar pukul 17.44 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa terjadi pada jarak 41 kilometer tenggara Tapanuli Tengah. 

"Tidak berpotensi tsunami," tulis @infoBMKG.

Data BMKG menunjukan kedalaman gempa sekitar 65 kilometer. Koordinat gempa berada di 1,32 Lintang Utara (LU) dan 98,84 Bujur Timur (BT). 

Sejauh ini belum ada laporan terkait korban jiwa, korban luka dan kerusakan akibat gempa di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Baca juga: Kabupaten Banggai-Sulteng Diguncang Gempa 5,3 Magnitudo, Getarannya Terasa Sampai Maluku Utara 

Kendati demikian, BMKG mengimbau agar warga tetap waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. 

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG.

Gempa Sinabang Aceh

Sebelumnya, pada hari yang sama sekitar pukul 15.32 WIB, gempa bumi berkekuatan 4,7 magnitudo juga melanda wilayah Sinabang, Aceh. BMKG menyebutkan pusat gempa berada di laut pada kedalaman 12 kilometer. Gempa terjadi pada jarak 46 kilometer sisi barat daya Sinabang.

Berdasarkan analisis BMKG, skala gempa yang melanda Sinabang, Aceh adalah skala II. Artinya,  getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang, mengutip detikcom. 

BMKG juga mengimbau warga agar waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])