Tak Kondusif, Musda V KBPP Polri Sulawesi Utara Dibatalkan

Nusantaratv.com - 30 November 2021

Ketua Umum PP KBPP Polri Evita Nursanty.
Ketua Umum PP KBPP Polri Evita Nursanty.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pimpinan Pusat Keluarga Besar Putra Putri (PP KBPP) Polri memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) KBPP Polri Sulawesi Utara (Sulut) yang sedianya diselenggarakan Senin (29/11/2021) malam. Keputusan ini diambil setelahnya adanya aksi mengarah anarkisme di dalam Musda.

"Setelah berkoordinasi dengan pembina yaitu Polda Sulawesi Utara, Pimpinan Pusat KBPP Polri memutuskan untuk membatalkan Musda V KBPP Polri Sulawesi Utara yang sedianya akan berlangsung Senin sampai Selasa ini (29-30 November 2021)," ujar Ketua Umum PP KBPP Polri Evita Nursanty dalam keterangannya, Selasa (30/11/2021). 

Menurut Evita, keputusan ini terpaksa diambil guna menjaga marwah organisasi KBPP Polri dan juga marwah Polda Sulawesi Utara. 

"Saya mencium aroma yang sarat kepentingan individu dan kelompok dengan menggerakkan aksi yang dilakukan sehingga menimbulkan kericuhan," kata dia. 

Kegiatan Musda sendiri dimulai pada Senin (29/11/2021) pukul 15.00 Wita dengan agenda pembukaan. Awalnya, kegiatan itu 
berlangsung tertib. Saat itu hadir Evita Nursanty menyampaikan sambutan, dan Kapolda Sulawesi Utara yang juga memberikan sambutan serta arahan, sekaligus membuka Musda. 

Namun, suasana berbeda kemudian terjadi ketika Musda beranjak ke paripurna I yang 
agendanya pengesahan kuorum, jadwal acara, tata tertib dan pemilihan presidium sidang, keributan pun mulai terjadi. Belum lagi ketuk palu, sekelompok orang mulai melakukan keributan mempersoalkan salah satu pasal di tata-tertib (tatib) yang menetapkan kriteria untuk menjadi ketua PD KBPP Polri, dimana kriteria tersebut mengacu pada AD/ART KBPP Polri.

"Saya memantau berlangsungnya penyelenggaraan musda tersebut, yang menjurus ke anarkis seperti melempar gelas, memecahkan kaca meja, berteriak-teriak, dan lainnya," tutur Evita. 

"Berbagai upaya sudah dilakukan oleh Pimpinan Pusat maupun Polda selaku pembina untuk meredam situasi, namun situasi tersebut makin memburuk. Dengan mempertimbangkan berbagai hal, saya selaku Ketua Umum KBPP Polri memutuskan membatalkan penyelenggaraan Musda V KBPP Polri PD Sulawesi Utara sampai nanti ada keputusan baru," imbuhnya. 

Evita mengaku prihatin dan menyayangkan kejadian seperti ini, dan berharap semua 
anggota dan pengurus KBPP Polri untuk menjaga marwah organisasi dan menjaga marwah Polri sebagai pembina. Ia berharap, ke depan setiap anggota dan pengurus di dalam pengambilan keputusan, lebih mengedepankan kepentingan organisasi daripada kepentingan individu maupun kelompok.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])