Tak Ada Kumpul-kumpul Saat Nataru, Belanda Lockdown Lagi

Nusantaratv.com - 20 Desember 2021

Ilustrasi lockdown. (Net)
Ilustrasi lockdown. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Belanda kembali menerapkan lockdown ketat hingga pertengahan Januari 2022. Ini dilakukan guna memutus penularan varian Omicron Covid-19.

Selama lockdown ketat, toko-toko nonesensial, bar, bioskop, museum, dan fasilitas publik lainnya akan ditutup. Selama periode itu, kunjungan ke rumah dibatasi, dari empat menjadi dua tamu per rumah.

Perdana Menteri Mark Rutte, dikutip BBC, mengatakan lockdown ketat selama Natal tidak dapat dihindari. Lockdown berlaku mulai Minggu (19/12/2021) waktu setempat hingga 14 Januari 2022.

"Saya berdiri di sini malam ini dalam suasana hati yang muram. Dan, banyak orang yang menonton akan merasakan hal itu juga," kata Rutte. 

"Ringkasnya dalam satu kalimat, Belanda akan kembali lockdown mulai besok," tambahnya. 

Kegiatan apapun dilarang selain untuk pemakaman dan pasar yang menjual bahan makanan. Sementara itu, pertandingan olahraga profesional berlangsung tanpa penonton.

Semua sekolah akan ditutup hingga setidaknya 9 Januari 2022, sementara tindakan lockdown lainnya akan tetap berlaku hingga setidaknya 14 Januari 2022.

Sementara itu, restoran diizinkan menjual makanan hanya untuk dibawa pulang (take away).

Jam malam telah diberlakukan di sejumlah tempat budaya di Belanda demi mencegah penyebaran varian Omicron.

Sejak pandemi dimulai, total lebih dari 2,9 juta kasus virus Corona terkonfirmasi dan ada lebih dari 20.000 kasus kematian.

Kepala Tim Penanggulangan Pandemi Belanda, Jaap van Dissel, mengatakan langkah-langkah baru ini akan 'membeli waktu' sehingga memungkinkan lebih banyak orang mendapatkan vaksin booster dan menyiapkan sistem perawatan kesehatan untuk kemungkinan peningkatan infeksi varian Omicron.

Sejauh ini, lebih dari 85% orang dewasa di Belanda telah divaksinasi. Namun, kurang dari 9% yang telah menerima vaksin booster.

Menteri Kesehatan Belanda Hugo de Jonge mengatakan seluruh orang dewasa di Belanda akan segera menerima undangan vaksin booster paling lambat 7 Januari 2022.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])