Rusia Tawarkan Gencatan Senjata di 5 Kota Ukraina Ini

Nusantaratv.com - 08/03/2022 06:51

Militer Rusia. (Net)
Militer Rusia. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Rusia menawarkan gencatan senjata mulai pukul 10.00 MSK atau 14.00 WIB pada Selasa (8/3/2022). Tapi, Ukraina sejauh ini belum menyetujuinya.

Mengacu laporan media Rusia mengutip Markas Besar Koordinasi Rusia untuk Respon Kemanusiaan di Ukraina, upaya tersebut menunjukkan kesiapan Moskow untuk membuka koridor evakuasi dari Kyiv, Chernihiv, Sumy, Kharkiv dan Mariupol.

"Rusia mendeklarasikan gencatan senjata mulai pukul 10 pagi (waktu Moskow) pada 8 Maret, dan siap untuk menyediakan koridor kemanusiaan: dari Kyiv dan pemukiman yang berdekatan ke Federasi Rusia melalui wilayah Republik Belarus ke Gomel," tulis media Rusia mengutip pernyataan tersebut, dilansir CNN.

Menurut Rusia, koridor evakuasi "juga akan dibuka dari Chernihiv melalui wilayah Belarus, dari kota Sumy sepanjang dua rute ke Poltava dan ke wilayah Rusia, dari Kharkiv ke wilayah Rusia atau ke Lviv, Uzhgorod, Ivano-Frankivsk. Kemudian, koridor kemanusiaan akan dibuka dari Mariupol di sepanjang dua rute ke wilayah Rusia dan Zaporizhie."

Rusia menyebut pihaknya menawarkan untuk menyetujui rencana koridor evakuasi dengan Ukraina pada pukul 3.00 MSK atau 07.00 WIB, menjelang gencatan senjata yang dimulai pada pukul 10 pagi waktu setempat.

Rusia sebelumnya menawarkan untuk membuka koridor kemanusiaan dari empat kota di Ukraina pada Senin (7/3/2022) pagi, waktu setempat. Tapi, proposal itu ditolak Ukraina karena rute evakuasi mengarah ke Rusia dan Belarusia.

Tentara Rusia menawarkan untuk membuka koridor kemanusiaan dari Kota Kharkiv, Kyiv, Mariupol dan Sumy untuk memungkinkan warga sipil melarikan diri.

"(Warga sipil Ukraina) tidak akan pergi ke Belarus dan kemudian naik pesawat ke Rusia," kata Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in