Simak! Uji Emisi akan Jadi Syarat Pembayaran Pajak Kendaraan

Nusantaratv.com - 12/11/2021 22:26

Ilustrasi uji emisi kendaraan bermotor/ist
Ilustrasi uji emisi kendaraan bermotor/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Kelayakan uji emisi kendaraan bermotor akan menjadi syarat pembayaran pajak kendaraan bermotor pada 2023. Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021. 

Demikian disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. 

"Uji emisi itu menjadi salah satu persyaratan pembayaran pajak kendaraan di 2023," kata Sambodo, Jumat (12/11/2021). 

Sambodo menjelaskan PP Nomor 22 tahun 2021 yang ditetapkan pada 2 Februari 2021 baru akan diberlakukan pada 2023. Karena peraturan pemerintah baru akan berlaku dua tahun setelah ditetapkan. 

"PP itu berlaku dua tahun sejak tanggal ditetapkan," ujar Sambodo mengutip okezonecom. 

Diketahui, Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta sepakat menunda penerapan tilang emisi kendaraan bermotor di Ibu Kota.

Baca juga: Komitmen Enam Produsen Mobil Setop Kendaraan Bahan Bakar Fosil Mulai 2040

Sambodo mengatakan ada beberapa alasan penundaan kebijakan tersebut, salah satunya adalah kesiapan fasilitas untuk uji emisi kendaraan bermotor. 

Pemeriksaan emisi kendaraan bermotor rencananya akan diberlakukan untuk kendaraan yang berusia di atas tiga tahun dan menurut data Polda Metro Jaya ada 14 juta motor dan 4,5 juta mobil di Jakarta yang berusia di atas tiga tahun.

Untuk itu, dibutuhkan sekitar 500 lebih bengkel uji emisi untuk roda empat dan sekitar 1.400 uji emisi untuk roda dua di seluruh DKI Jakarta. 

Sambodo memastikan walaupun penerapan tilang ditunda namun kepolisian akan tetap menggelar pemeriksaan terhadap emisi gas buang kendaraan bermotor. Apabila ditemukan kendaraan tak lulus uji emisi maka akan diarahkan untuk melakukan uji emisi gas buang di bengkel-bengkel tersertifikasi. 

"Tapi ini sifatnya baru berupa teguran, jadi belum tilang," tutur Sambodo. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in