Simak! ASN, TNI/Polri dan Pegawai BUMN Dilarang Cuti saat Libur Akhir Tahun

Nusantaratv.com - 18/11/2021 18:51

Wiku Adisasmito/ist
Wiku Adisasmito/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Selain berencana menerapkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia, pemerintah juga akan melarang ASN, TNI/Polri dan pegawai BUMN untuk cuti pada liburan panjang akhir tahun Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. 

Kebijakan tersebut bertujuan memperketat mobilitas warga agar tidak terjadi lagi lonjakan kasus penularan covid-19. 

“Larangan cuti atau libur bagi ASN, TNI, Polri karyawan BUMN maupun swasta selama libur akhir tahun. Dilakukan peniadaan cuti bersama di tanggal 24 Desember 2021 dan larangan pengambilan jatah cuti di akhir tahun,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Kamis (18/11/2021).

“Hal ini semata-mata dilakukan untuk meminimalisir pergerakan masyarakat yang tidak mendesak,” imbuhnya, mengutip okezonecom. 

Adapun soal larangan cuti bagi ASN di hari yang bersamaan dengan libur nasional telah diatur di dalam Surat Edaran (SE) MenPANRB No.13/2021. Di dalam SE tersebut MenPANRB Tjahjo Kumolo mengatur pembatasan cuti bagi aparatur sipil negara (ASN).

Baca juga: Agar Tahun Baru Tanpa Gelombang Baru, Puan Dukung Cuti Bersama Dihapus

“Pegawai ASN tidak mengajukan cuti pada saat sebelum dan/atau sesudah hari libur nasional pada minggu yangs ama dengan hari libur nasional,” demikian bunyi SE yang diterbitkan tanggal 25 Juni 2021. 

Pada SE itu juga Tjahjo meminta agar pejabat pembina kepegawaian (PPK) pada kementerian/lembaga/daerah tidak memberikan izin cuti bagi pegawai ASN pada periode yang dimaksud. 


Tjahjo juga meminta agar PPK memberikan hukuman disiplin bagi yang melanggar ketentuan tersebut.

Cuti dapat diberikan bagi PNS yang cuti melahirkan, sakit atau cuti karena alasan penting. Semnetara untuk PPPK hanya diperbolehkan cuti melahirkan dan cuti sakit saja. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in