Sebagian Tembok China Runtuh Gara-gara Gempa Qinghai

Nusantaratv.com - 10 Januari 2022

Tembok China. (Net)
Tembok China. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sebagian Tembok Besar China yang dibangun era Dinasti Ming (1368-1644) runtuh akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,9 yang melanda Provinsi Qinghai, Sabtu (8/1/2022).

Bagian Tembok China sepanjang dua meter di daerah Shandan, Provinsi Gansu, China Barat Laut, nampak hancur. Padahal pusat gempa berjarak 114 kilometer dari lokasi bagian tembok itu.

Media China, Global Times melaporkan gempa melanda daerah yang minim penduduk tetapi getaran terasa hingga beberapa kota besar. Tak ada laporan soal korban jiwa, namun sebanyak 9 orang terluka akibat gempa.

Shi Yucheng, kepala Badan Gempa Gansu, mengatakan daerah permukiman terdekat berjarak 40 kilometer dari pusat gempa.

Dilansir The South China Morning Post, kamera CCTV merekam momen-momen saat gempa melanda, mengguncang bangunan. Lebih dari 4.000 rumah rusak akibat gempa di Qinghai, dan di provinsi tetangga Gansu, 4.830 rumah lainnya di kota Zhangye rusak.

Gempa 01:50 tercatat berasal dari kedalaman 10 km (6,2 mil), menurut Pusat Jaringan Gempa China. 

Provinsi Qinghai menjadi salah satu daerah di China yang getol terkena gempa.

Pada 14 April 2010, gempa berkekuatan magnitudo 7,1 melanda Prefektur Otonomi Yushu Tibet di Qinghai, menyebabkan 2.698 orang tewas dan 270 hilang.

Lebih dari 90 persen rumah penduduk setempat runtuh akibat gempa dan beberapa gempa susulan yang kuat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])