Saudi Bangun Wilayah yang Dihindari Nabi Muhammad

Nusantaratv.com - 14 Januari 2022

Al Ula. (Net)
Al Ula. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Arab Saudi membangun wilayah yang pernah dihindari Nabi Muhammad. Pembangunan kawasan Al Ula dan Mada'in Saleh tersebut, dilaksanakan guna mendongkrak devisa sektor pariwisata. 

Sebelumnya, Arab Saudi menjalankan roda ekonomi mereka menggunakan sumber daya minyak. Tapi kini, negara itu berupaya memodernisasi penduduk demi mendapatkan investasi yang bisa menghasilkan uang.

Bahkan, pemerintah Arab Saudi rela mengubah kota yang dikenal 'berhantu' dan tak mau dikunjungi Nabi Muhammad sebagai tempat wisata.

"Bahkan di kawasan Al Ula dan Mada'in Saleh, kawasan yang dalam sejarahnya orang Arab sendiri jarang (pergi) ke sana. Ada kisah ketika Nabi Muhammad lewat situ. Beliau tidak mau minum dari daerah itu, bergegas untuk segera meninggalkan daerah tersebut, tanpa menoleh kanan-kiri," kata Pengamat Timur Tengah dari Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Fahmi Salsabila, Rabu (12/1/2022).

Fahmi juga menuturkan, tindakan Arab Saudi membangun Al Ula dan Mada'in Saleh tak lepas dari kepentingan ekonomi negara itu.

"Jadi sebetulnya dia membuka kawasan wisata, membuka investor asing untuk masuk ya memang secara ekonomi. Arab Saudi membuat kebijakan itu agar tak lagi bergantung pada minyak," ujarnya.

Selain itu, misi Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) juga turut ikut andil dalam pembangunan 'kota berhantu' tersebut.

"Mungkin pemikiran MbS, menurut saya, itu ingin membuat semacam kawasan wisata, yang di situ banyak turis asing bisa masuk dan mendatangkan devisa," kata Fahmi, mengutip CNNIndonesia.com.

Al Ula dikenal sebagai kawasan yang 'berhantu'. Banyak masyarakat Saudi percaya kawasan tersebut merupakan tempat jin jahat dan harus dihindari.

Sementara itu, Mada'in Saleh merupakan salah satu kota dalam situs Warisan Dunia UNESCO. Area ini telah berumur 2.000 tahun dan diukir oleh orang Nabatean, masyarakat Arab pra-Islam yang juga membangun Petra di Yordania.

Namun, kawasan ini dipercaya kena kutukan dan merupakan wilayah kaum Tsamud yang sempat diazab Tuhan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])