Ratusan Umat Katolik Ikuti Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta

Nusantaratv.com - 24 Desember 2021

Gereja Katedral Jakarta. (Net)
Gereja Katedral Jakarta. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sejumlah umat Katolik mulai mendatangi Gereja Katedral, Jakarta Pusat, jelang pelaksanaan misa kedua Natal pada Jumat (24/12/2021) sore.

Kebanyakan jemaat tiba bersama keluarga. Sejumlah aparat kepolisian dan petugas keamanan gereja memeriksa setiap barang bawaan jemaat yang datang. Mereka juga memeriksa tas jemaat menggunakan mesin X-Ray.

Setelah itu, mereka mengantre untuk melakukan scan aplikasi PeduliLindungi, dilanjutkan proses verifikasi peserta misa tatap muka.

Berdasarkan pantauan, hingga pukul 16.30 WIB jumlah pengunjung yang melakukan check in dengan aplikasi PeduliLindungi berjumlah 155 orang.

Panitia mengatakan, misa pertama digelar secara virtual. Sementara, misa tatap muka pertama digelar pada pukul 17.30 WIB.

Gereja Katedral membatasi kapasitas jemaat pada saat pelaksanaan ibadah misal natal hanya untuk 650 orang.

Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Romo Ignatius Suharyo mengatakan perayaan ibadah Natal tahun ini digelar secara hybrid.

Jemaat Katolik bisa mengikuti perayaan ibadah Natal secara virtual maupun secara langsung di gereja.

Suharyo mengatakan pihaknya menetapkan pembatasan dan prokes ketat terhadap jemaat yang mengikuti ibadah misa di gereja. Biasanya, kata Suharyo, gereja di bawah naungan KWI membatasi kapasitas gereja 40 persen.

"Pemerintah mengizinkan 50 persen tapi biasanya gereja-gereja mengambil lebih sedikit 40 persen," ujar Suharyo dalam konferensi pers Perayaan Natal 2021 di Gereja Immanuel, dikutip dari CNNIndonesia.com, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (24/12/2021).

Kapolsek Sawah Besar, AKP Maulana Mukarom mengatakan sebanyak 100 personel gabungan TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah mengamankan area Katedral.

Maulana menjelaskan aparat gabungan disebar di beberapa titik seperti pintu masuk utama dan pintu masuk 6. Pengamanan juga dilengkapi dengan mesin X-Ray dan metal detector.

"Pintu masuk 6 kita lakukan penebalan anggota untuk penjagaan," kata Maulana ditemui di area Katedral.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])