Profil Kapolda Jabar Irjen Suntana: Jenderal Humoris, Dekat dengan Anak Buah

Nusantaratv.com - 02/11/2021 07:11

Irjen Suntana. (Net)
Irjen Suntana. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowoa melakukan mutasi, rotasi dan promosi sejumlah perwira tinggi (pati) dan menengah Polri.

Keputusan ini tertuang dalam surat telegram nomor ST/2277/X/KEP/2021, ST/2278/X/KEP/2021, ST/2279/X/KEP/2021, dan ST/2280/X/KEP/2021, yang ditandatangani As SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada atas nama Kapolri.

"Iya benar," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono membenarkan surat telegram tersebut, Senin (1/11/2021).

Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Ahmad Dofiri 'tukar posisi' dengan Irjen Suntana. Irjen Suntana yang merupakan pimpinan tertinggi sementara Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri, kini menjadi Kapolda Jabar. Sementara Dofiri, promosi menjadi jenderal bintang tiga sebagai Kepala Baintelkam (Kabaintelkam). 

Suntana sendiri tak asing dengan Provinsi Jabar. Selain putra daerah, ia pernah bertugas di sejumlah wilayah tersebut, seperti menjadi Kapolresta Tasikmalaya tahun 2007, Kapolres Bogor pada 2008. 

Jenderal bintang dua yang dikenal dekat dengan wartawan dan anggota ini juga pernah menjadi Kapolres Metro Jakarta Barat, Direktur Intelkam Polda Metro Jaya, dan Wakapolda Metro Jaya. Lalu Kapolda Lampung hingga Wakil Kepala Baintelkam. 

Posisi Wakabaintelkam, ditempati pria humoris itu cukup lama, sejak 2018 hingga sekarang. Ini tidak terlepas dari latar belakang Suntana yang berpengalaman di bidang intelijen. 

Suntana bahkan sempat menggantikan Kabaintelkam Komjen Paulus Waterpauw sebagai pelaksana harian, saat Paulus ditarik menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kemendagri. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in