Polsek Ciledug Berhasil Amankan 4 Pencuri Motor Warga

Nusantaratv.com - 11/11/2021 21:02

Tak sampai sepekan Polsek Ciledug Berhasil menangkap 4 pencuri motor warga. (Foto: Humas)
Tak sampai sepekan Polsek Ciledug Berhasil menangkap 4 pencuri motor warga. (Foto: Humas)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Kepolisian  Sektor (Polsek) Ciledug, Tangerang Kota, Banten, berhasil mengamankan 4 pelaku pencuri sepeda motor milik warga yang diparkir di pinggir jalan.

Hanya dalam tempo tak sampai sepekan keempat pelaku berhasil diamankan setelah melakukan aksinya di dua lokasi berbeda di Kecamatan Larangan, Ciledug.

Aksi pencurian pertama terjadi di depan Toko Dunia Terang, Jalan HOS Cokroaminoto nomor 50 RT/RW 003/004, Kelurahan Larangan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Aksi pencurian terjadi  tanggal 22 Oktober 2021.

Menurut Kapolsek Ciledug, Kompol Poltar L Gaol,  tersangka yang berinisi AR dan HR membobol sebuah motor gede alias moge berwarna putih yang harganya diperkirakan senilai Rp 35 juta.

"Korban kehilangan motor jenis Kawasaki Ninja 250 FI tahun 2013. Saat itu motor ditinggal mandi oleh penjaga ruko dan hilang pada pukul 23.30 WIB," jelas Poltar, mengutip jakarta.tribunnews.com

Merespon aduan warga yang kehilangan motornya, Polsek Ciledug langsung mengamankan kedua tersangka. AR dan HR berhasil dibekuk di bilangan Taman Puri Beta I, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, tak berapa lama pasca aksi pencurian.

"Saat diamankan, AR dan HR sedang menunggu diduga pembeli alias penadah motor curiannya," sambung Poltar.

Poltar menambahkan, saat beraksi dua tersangka naik motor dengan tersangka lain berinisial IP yang kini masih buron.

"Saat beraksi mereka bonceng tiga menggunakan motor Mio, mereka awalnya keliling Puri Beta 1 tapi karena tidak dapat sasaran akhirnya pergi menuju lokasi kejadian," beber Poltar.

Dalam menjalankan aksinya ketiga tersangka berbagi tugas. AR membawa sepeda motor dan menyiapkan kunci T yang digunakan untuk membobol motor Ninja.
Kemudian tersangka HR dan IP mengawasi sekitar kejadian.

Tak lama kemudian atau empat hari setelah aksi pencurian di Toko Dunia Terang, kejadian serupa kembali terjadi di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Kali ini dilakukan oleh tersangka HL dan EM yang juga menggunakan modus sama yakni menggunakan kunci T untuk membobol sebuah motor matik yang terparkir di pinggir jalan.

"TKP kedua pada tanggal 25 Oktober 2021 di Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan. Kita amankan pelaku tindak pidana, dan dari pelaku amankan hasil kejahatan berupa motor dan alat kejahatan berupa kunci T," kata Poltar.

Kejadian kedua ini terjadi di depan Klinik Mitra Bhakti IV RT/RW 002/008, Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Kala itu, motor korban berupa Honda Beat tengah diparkir di depan klinik tersebut, kemudian kedua tersangka langsung beraksi cepat.

Dalam menjalankan aksinya, tersangka HL dan EM naik kendaraan umum sambil membawa kunci T sebelum mencuri motor.

"Tersangka melakukan pengamatan terhadap motor yang mau diambil dan selanjutnya mendekat motor di klinik menggunakan kunci T," jelas Poltar.

Menurut Kapolsek, para tersangka yang diamankan dari dua kasus yang berbeda tersebut bukan satu komplotan.

Tapi, dua kelompok itu menggunakan cara yang sama dan di tempat yang memiliki ciri khas yang serupa yakni di pinggir jalan.

"Untuk dua TKP ini tidak satu jaringan, para pelaku kelompok terpisah yang kita amankan pada TKP kedua pada 25 oktober 2021 di kelurahan Gaga tidak berhubungan," kata Poltar.

Terkait aksi pencurian sepeda motor, Poltar mengimbau masyarakat Kota Tangerang terutama di wilayah Kecamatan Larangan dan sekitarnya untuk waspada dan memperhatikan kendaraannya yang terparkir di pinggir jalan.

"Selalu pakai pengamanan ganda, jangan sampai lengah karena mereka mengincar kesempatan dimana kita lengah," imbaunya.

Para tersangka disangkakan pasal 363 ayat 1 KUHPidana juncto Pasal 53 KUHPidana dengan ancaman sembilan tahun penjara.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in