Pemilihan Ketua Umum PBNU Digelar di Universitas Lampung

Nusantaratv.com - 23/12/2021 19:10

Logo NU/ist
Logo NU/ist

Penulis: Ramses Manurung

Lampung, Nusantaratv.com-Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tengah menyelenggarakan Muktamar ke-34 dengan salah satu agenda utamanya adalah pemilihan Ketua Umum PBNU masa bakti 2021-2026. 

Sekretaris Panitia Penyelenggara Muktamar ke-34 NU, Syahrizal Syarif mengatakan proses pemilihan Ketua Umum PBNU akan dilaksanakan di Universitas Lampung pada hari ini, mulai pukul 22.30 WIB. 

"Sesuai hasil pleno 1 dan rapat SC- OC maka diputuskan pleno 5 dilaksanakan di Unila," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Muktamar ke-34 NU, Syahrizal Syarif, Kamis (23/12/2021).

Hal tersebut juga disampaikan oleh Ketua SC Muktamar ke-34 NU, M.Nuh bahwa pemilihan ketum PBNU dilaksanakan di Unila. Mengingat efiensi waktu agar usai dipilih Ahwa lalu Rais Aam langsung memilih ketum PBNU. 

"Unila," ujar dia saat ditemui usai sidang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) PBNU Masa Khidmat 2016- 2021, Pandangan Umum atas LPJ PBNU, di UIN Raden Intan Lampung. 

Pemilihan dilakukan usai sidang pleno IV yakni penetapan metode ahlul halli wal aqdi (AHWA), Sidang Ahwa, dan pengumuman Hasil Sidang Ahwa pada pukul 20.00-22.30 WIB. Terkait penetapan Ahwa, M.Nuh mengatakan dibagi ke dalam dalam 6 kelompok yang masing-masing 100 orang.

Baca juga: Barisan Nasional Penjaga NU Dukung Gus Yahya Komandoi PBNU

"Jadi satu kotak besar kita bagi 100 sehingga 3,5 jam itu kita arahkan jam 5 sudah rampung menghitungnya. Nanti jam 7 malam pada saat pleno kita paparkan hasilnya," kata M Nuh mengutip okezonecom.

Sehingga nantinya terpilih urutan 9 terbesar menjadi Ahwa. Namun, jika ada yang memiliki perolehan suara yang sama maka dilakukan musyawarah. 

"Itu dipersilakan untuk musyawarah di antara beliau-beliau. Kami punya keyakinan beliau-beliau pastilah bisa bermusyawarah dengan baik," ucapnya.  

Setelah terbentuk AHWA, maka mereka langsung rapat untuk menetapkan Rais Aam. 
"Di antara 9 itu boleh, dari orang luar di antara 9 itu juga boleh ditetapkan sebagai rais aam," ujar dia.

Ada dua nama yang telah mengumumkan akan maju dalam bursa calon Ketum PBNU. Mereka adalah Ketum petahana Said Aqil Siraj dan Katib Aam Yahya Cholil Staquf.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in