Pemerintah: Tahun Depan Harga PCR Bisa Turun Lagi

Nusantaratv.com - 28/10/2021 14:47

Ilustrasi tes PCR. (Net)
Ilustrasi tes PCR. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sekretaris Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Azhar Jaya menyatakan tarif tes polymerase chain reaction (PCR) bisa kembali turun pada tahun 2022.

"Kalau toh ditanyakan kemungkinan tahun depan akan lebih murah, ya bisa saja. Tapi murahnya tidak banyak, karena kita masih kena pajak dan sebagainya," ujar Azhar, Kamis (28/10/2021). 

Azhar menjelaskan bahwa komponen paling mahal dan sangat mempengaruhi tarif pemeriksaan RT PCR adalah reagen. Indonesia masih harus mendatangkan dari China dan India.

Namun demikian, Azhar memastikan pemerintah akan terus berupaya menciptakan reagen secara mandiri, sehingga dapat mengurangi pembiayaan dalam pengadaan pemeriksaan tes PCR di Indonesia.

"Pemerintah sudah menugaskan Bio Farma istilahnya dalam tanda kutip mendukung kemandirian di dalam memproduksi reagen tersebut. Juga ada beberapa yang mandiri sekarang, Bio Farma mulai produksi tapi jumlahnya belum mencukupi," jelasnya, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Azhar juga mengatakan bahwa membandingkan tarif PCR di Indonesia dengan India tidak pas. India adalah produsen reagen. Kemudian gaji pekerja di India pun lebih rendah dibanding Indonesia.

Azhar lalu menjelaskan bahwa tarif PCR di Indonesia merupakan yang termurah di Asia Tenggara. Saat ini, tarif tertinggi tes PCR di Jawa-Bali sebesar Rp275 ribu, sementara luar Jawa-Bali Rp300 ribu.

Pemerintah baru saja menurunkan harga tes PCR usai disorot publik.  Harga tes PCR Jawa-Bali turun dari Rp300 ribu menjadi Rp275 ribu. Sementara di luar Jawa-Bali Rp300 ribu.

Harga tes PCR di Indonesia sudah beberapa kali diturunkan oleh pemerintah. Pada 16 Agustus lalu menetapkan tarif tertinggi tes RT PCR pada harga Rp495 ribu untuk daerah di Jawa-Bali, dan Rp525 ribu untuk daerah luar Jawa-Bali.

Sebelumnya, pada 5 Oktober 2020 batasan tarif tertinggi Rp900 ribu untuk pemeriksaan PCR.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in