Nataru Masyarakat Penuhi Lokasi Wisata, Ketua MPR Ingatkan Pemerintah-Pengelola

Nusantaratv.com - 27/12/2021 16:55

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Mobilitas masyarakat mengalami peningkatan pada masa libur natal dan tahun baru (nataru). Ini terlihat dari ramainya destinasi wisata di berbagai daerah pada akhir pekan lalu. 

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta para pemangku kepentingan di daerah untuk terus menggencarkan skrining terhadap wisatawan dan masyarakat yang berkunjung ataupun beraktivitas di area publik. Ini sebagai salah satu upaya antisipasi mencegah lonjakan kasus Covid-19 akibat kerumunan massa khususnya di tempat-tempat wisata.

"Meminta pengelola destinasi wisata untuk memperketat persyaratan operasional dan penyelenggaraan kegiatan wisata, sekaligus meningkatkan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan tempat wisata, guna meminimalkan risiko penularan Covid-19 hingga lonjakan kasus Covid-19 pasca libur nataru," ujar Bamsoet, Senin (27/12/2021). 

Ketua MPR juga berhak aparat kepolisian untuk memasifkan pemeriksaan kartu vaksinasi dan aplikasi PeduliLindungi kepada setiap pengunjung, baik yang berada di rest area maupun di perbatasan wilayah. Upaya itu dilakukan guna memastikan masyarakat yang melakukan mobilitas pada masa libur natal dan tahun baru telah memenuhi syarat vaksinasi lengkap. 

"Disamping menyediakan posko-posko pelayanan terpadu sebagai sentra vaksinasi yang digunakan apabila adanya pelaku perjalanan atau wisatawan yang belum divaksin," kata dia. 

Bamsoet juga ingin pemerintah daerah dan satgas Covid-19 daerah untuk menyiagakan tim keliling yang bertugas memantau tempat-tempat wisata hingga tempat-tempat kuliner. Ini dilakukan untuk memastikan aturan terkait pembatasan jumlah pengunjung dipatuhi, sekaligus memastikan tidak adanya kerumunan.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in