Maluku Tengah Diguncang 56 Kali Gempa Susulan, 31 Rumah Warga Rusak Parah

Nusantaratv.com - 05/11/2021 14:19

Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Maluku Tengah, Nusantaratv.com-Setelah dilanda gempa berkekuatan 5,9 magnitudo pada Kamis (4/11/2021), hari ini Jumat (5/11/2021) Maluku Tengah diguncang 56 kali gempa susulan. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ambon mengimbau warga untuk selalu waspada dan menghindari bangunan yang sudah retak.

"Gempa (M 5,9) kemarin pusatnya di sekitar Sawai, 56 kali gempa susulan, menurun-menurun (kekuatan gempa). Cuma kan karena yang besar itu sudah buat retak sebagian bangunan, (gempa) berikutnya meskipun kecil dia goyang ada sebagian yang rubuh tadi pagi (subuh)" ujar Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Ambon, Herlambang Hudha, Jumat (5/11/2021).

"Himbauannya tetap waspada hati-hati menghindari bangunan yang sudah retak sampai kondisi aman," imbuhnya.

Herlambang menyebutkan potensi gempa susulan pascagempa 5,9 magnitudo masih mungkin terjadi. 

Baca juga: Gempa 4,8 Magnitudo Guncang Bengkulu

"Kita akan liat frekuensi kan sudah menurun nih, tapi apakah ada lagi (gempa susulan) kita tidak tahu, kita masih cek terus, menurun tapi retak (bangunan) harus dihindari," ujarnya mengutip detikcom.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Maluku Tengah, Abdul Latif Key mengatakan ada 31 rumah di wilayahnya yang rusak akibat gempa M 5,9, dimana 1 di antaranya mengalami rusak parah.

Bahkan akibat gempa susulan yang terjadi pada Jumat (5/11/2021) satu rumah yang ada di pinggiran pantai rusak parah. 

"Mereka (korban gempa) di rumah saja, tidak ada yang mengungsi karena cuma retak saja rumahnya. Kita sudah mengirim bantuan logistik," pungkasnya.
 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in