Kota Batu-Jatim Dilanda Banjir Bandang, 11 Orang Hilang Terbawa Arus

Nusantaratv.com - 04 November 2021

Kota Batu diterjang banjir bandang/ist
Kota Batu diterjang banjir bandang/ist

Penulis: Ramses Manurung

Batu, Nusantaratv.com-Kota Batu, Jawa Timur dilanda bencana banjir bandang akibat hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, pada Kamis (4/11). 

Banjir bandang mengakibatkan 15 orang hanyut terseret aliran sungai yang meluap. Dilaporkan 4 orang sudah ditemukan dalam kondisi selamat, sementara 11 lainnya masih dalam pencarian. 

"Empat (orang) sudah ditemukan. Alhamdulillah selamat semua. Tinggal 11 orang yang belum ditemukan," kata Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, mengutip okezonecom. 

BPBD Kota Batu melaporkan, arus sungai anak sungai Brantas yang melintas di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, mengalir sangat deras dengan membawa beberapa material lumpur, batu, dan potongan pohon serta puing bangunan.

Sejumlah kendaraan milik warga juga dilaporkan ikut hanyut terbawa arus banjir bandang yang sangat deras. 

Baca juga: Sungai Meluap, Bekasi Timur Dilanda Banjir Hingga 1 Meter

Ada 5 desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang terdampak banjir bandang yakni Desa Sumber Brantas, Desa Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo dan Desa Sidomulyo. 

Guna percepatan penanganan banjir bandang tersebut, Tim BPBD Kota Batu dibantu lintas instansi terkait termasuk TNI dan Polri telah melakukan koordinasi, kaji cepat, pendataan lebih lanjut dan menyiapkan lokasi pengungsian.

Tim juga fokus untuk pencarian para korban dan evakuasi atau penyelamatan warga yang terdampak banjir serta pembersihan sarana dan prasarana yang terdampak banjir bandang. 

Sementara itu, kerugian lain dan korban jiwa masih dalam pendataan lebih lanjut oleh tim BPBD Kota Malang.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])