Koruptor Rp18,5 Miliar Buron 17 Tahun, Ditangkap di dalam Angkot di Bandung

Nusantaratv.com - 09 Desember 2021

Ilustrasi logo Hari Antikorupsi Sedunia 2021/ist
Ilustrasi logo Hari Antikorupsi Sedunia 2021/ist

Penulis: Ramses Manurung

Bandung, Nusantaratv.com-Tepat di Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021 yang jatuh pada tanggal 9 Desember, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat berhasil menangkap terpidana kasus korupsi yang buron selama 17 tahun. Koruptor bernama Deni Gumelar tersangkut kasus korupsi pembangunan pabrik dengan kerugian Rp 18,5 miliar.

Deni ditangkap tim gabungan Kejati Jabar, Kejari Bandung dan KPK di kawasan Kopo Bihbul, Kabupaten Bandung pada Kamis (9/12/2021).

"Sesuai dengan hari Anti Korupsi sedunia, kami memberikan kado teristimewa untuk warga Jabar. Kami hari ini melakukan penangkapan terhadap Deni Gumelar," ucap Kepala Kejati Jabar Asep N Mulyana, Kamis (9/12/2021).

Perkara yang membelit Deni terjadi pada 17 tahun lalu. Deni menjadi tersangka tindak pidana korupsi pembangunan pabrik bentonite full aktivasi pada perusahaan daerah Argobisnis dan pertambangan Jawa Barat tahun 2000/2001. Deni diadili di Pengadilan Negeri Bandung kala itu.

Baca juga: Dukung KPK, Bamsoet: Pemberantasan Korupsi Tidak Hanya Penindakan

\Namun Deni Gumelar kemudian mengajukan banding hingga kasasi ke Mahkamah Agung. Di tingkat MA pada tahun 2005, Deni divonis hukuman tiga tahun penjara.

Tetapi bukannya menjalani hukuman, Deni justru kabur. Dia menjadi buronan selama 17 tahun lamanya. Pelarian Deni akhirnya kandas setelah tim gabungan mengendus keberadaan Deni pagi tadi yang datang ke Bandung dari Malang.

"Penangkapan dilaksanakan pukul 09.00 WIB saat yang bersangkutan sedang naik kendaraan umum untuk kembali ke rumahnya setelah sekian lama buron di Malang," ungkap Asep, mengutip detikcom.

Deni telah dieksekusi jaksa ke rutan. Dia akan menjalani hukuman 3 tahun penjara di Rutan Bandung (Kebonwaru).
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])