Kemenag Pastikan Pemberangkatan Jemaah Umrah Indonesia pada 8 Januari 2022

Nusantaratv.com - 06/01/2022 21:50

Ibadah umrah di tengah pandemi covid-19/ist
Ibadah umrah di tengah pandemi covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Setelah sempat tertunda akibat munculnya varian baru covid-19 Omicron, akhirnya dipastikan jemaah umrah Indonesia dapat berangkat ke Arab Saudi. Umrah perdana di tengah pandemi akan bertolak ke Tanah Suci pada Sabtu 8 Januari 2022. 

Kabar gembira tersebut disampaikan Kementerian Agama melalui Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief.

"Pemberangkatan jemaah umrah rencananya akan kembali dibuka pada 8 Januari 2022," kata Hilman, Kamis (6/1).

Hilman mengatakan pihaknya terus memantapkan penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi Covid-19.

Ditegaskan, penyelenggaraan umrah tetap harus mematuhi protokol kesehatan demi memberikan perlindungan kepada jemaah.

Baca juga: Gara-gara Covid-19 Melonjak di Arab Saudi, Saf Salat di Masjidil Haram Kembali Berjarak

"Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan secara ketat, baik di tanah air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah," ujar Hilman.

Hilman menyebut sudah mendapat arahan dari Menag Yaqut Cholil Qoumas terkait keharusan penerapan protokol kesehatan ketat.

"PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) yang akan memberangkatkan jemaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH," ujarnya, mengutip CNNIndonesiacom.

Tak hanya itu, ketentuan lainnya yang harus dipatuhi yakni, keberangkatan diprioritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung melalui Bandara Soekarno Hatta.

Selain keberangkatan, kepulangan jemaah umrah juga harus mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in