Kebakaran Pulau Rinca TNK, Belum Ada Komodo Jadi Korban

Nusantaratv.com - 04 November 2021

Kebakaran Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo.
Kebakaran Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kebakaran melanda Pulau Rinca, kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (2/11/2021). Api kini telah berhasil dipadamkan.

Petugas gabungan yang salah satunya dari BPBD NTT, serta masyarakat, bahu-membahu memadamkan api. 

Belum diketahui penyebab kebakaran, termasuk luas lahan yang terbakar. Namun, yang pasti sejauh ini belum ada komodo jadi korban. 

"Itu belum bisa dipastikan soal luas lahan. Sampai sekarang ini juga belum ada informasi soal ada yang (komodo) mati atau terluka," ujar Kepala BPBD NTT, Ismail Surdi, Rabu (3/11/2021). 

Lebih lanjut, Ismail berharap masyarakat setempat dapat berperan dalam menjaga Pulau Rinca dan TNK, termasuk dalam mencegah kebakaran di wilayah tersebut. 

"Tentu kita harus melakukan mitigasi supaya kalau bisa harus tertib, jangan buat rokok atau api," kata dia.

"Atau juga pengawasan dari masyarakat sendiri, walaupun itu sebenarnya berada di dalam pengawasan TNK, kita berharap TNK bisa patroli secara rutin," imbuh Ismail, dikutip dari Detikcom. 

Kondisi cuaca di wilayah TNK sendiri kini telah turun hujan, kendati terjadi di beberapa lokasi saja. Meski begitu, di wilayah pantai dan pesisir hujan masih jarang turun.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])