Jokowi Pilih Jamintel Sunarta Jabat Wakil Jaksa Agung

Nusantaratv.com - 06 Januari 2022

Gedung Kejagung. (Net)
Gedung Kejagung. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Sunarta menjadi Wakil Jaksa Agung. Sunarta bakal menggantikan Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi yang memasuki masa pensiun.

Pengangkatan tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 180/TPA Tahun 2021 tertanggal 31 Desember 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

"Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 180/TPA Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung Republik Indonesia, maka memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat dari jabatannya masing-masing," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer, Kamis (6/1/2022).

Leonard menerangkan Setia Untung Arimuladi diberhentikan secara hormat terhitung sejak 1 Januari lalu. Kemudian posisi Sunarta kini akan digantikan Amir Yanto yang sebelumnya menjabat Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas).

"Saudara. Dr. Amir Yanto, SH. MM. Jaksa Utama (IV/e) sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung Republik Indonesia, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 180/TPA Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung Republik Indonesia," tutur Leonard.

Leonard menuturkan posisi Jaksa Agung Muda Pengawasan akan diisi oleh Ali Mukartono. Ali sebelumnya menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus).

"Saudara. Dr. Ali Mukartono SH. MH. Jaksa Utama (IV/e) sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung Republik Indonesia, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 180/TPA Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung Republik Indonesia," tutur Leonard.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo juga menunjuk Febrie Adriansyah menjadi Jaksa Agung Muda Pidana Khusus. Diketahui, Febrie saat ini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Febrie juga pernah menjabat menjadi Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejagung.

"Saudara Dr. Febrie Adriansyah, SH. MH. sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Republik Indonesia, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 181/TPA Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung Republik Indonesia," kata Leonard.

Lebih lanjut, Leonard menyebut Jaksa Agung ST Burhanuddin akan melantik langsung calon Wakil Jaksa Agung, Jamintel, Jamwas, dan Jampidsus untuk menindaklanjuti Surat Keputusan Presiden itu. Pelantikan akan dilakukan pada Senin (10/1/2022! ) mendatang.

"Menindaklanjuti Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia dimaksud, Jaksa Agung Republik Indonesia akan melantik Wakil Jaksa Agung, Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen, Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan, dan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus pada hari Senin tanggal 10 Januari 2022 mendatang," tandas Leonard.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])