Jembatan Gladak Perak Putus Diterjang Lahar Dingin Erupsi Gunung Semeru

Nusantaratv.com - 04 Desember 2021

Jembatan Gladak Perak putus diterjang lahar dingin dari erupsi Gunung Semeru/ist
Jembatan Gladak Perak putus diterjang lahar dingin dari erupsi Gunung Semeru/ist

Penulis: Ramses Manurung

Lumajang, Nusantaratv.com-Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Selain memuntahkan abu vulkanik dan guguran awan panas, Gunung Semeru juga mengeluarkan lahar dingin dan lahar panas yang mengakibatkan sejumlah warga mengalami luka bakar. 

Terjangan lahar dingin Gunung Semeru menyebabkan terputusnya Jembatan Gladak Perak. Putusnya jembatan ini membuat evakuasi warga di Kecamatan Pronojiwo, terkendala.

Rusaknya infrastruktur ini juga membuat lalu lintas di sekitar menjadi terputus. Kepolisian dari Polres Malang telah dikerahkan untuk menghalau arus lalu lintas menuju Kabupaten Lumajang.

Kasatlantas Polres Malang AKP Agung Fitransyah menyebutkan, terputusnya Jembatan Gladak Perak membuat Polres Malang meminta pengendara yang menuju arah Lumajang untuk memutar balik.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Warga Panik Berlarian Hindari Gumpalan Awan

"Iya betul, kami putar balik kendaraan," kata Agung. 

Agung menjelaskan arus kendaraan dari wilayah Kabupaten Malang yang akan menuju Kabupaten Lumajang, harus putar balik di depan kantor Polsek Ampelgading yang terletak di Jalan Raya Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading. Dikatakan, kendaraan harus putar balik dari jalan nasional yang menghubungkan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang tersebut, karena tidak ada jalur alternatif lain yang bisa dipergunakan oleh pengendara kendaraan bermotor. 

Untuk diketahui, Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang, merupakan wilayah paling luar yang berbatasan dengan Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Jarak dari wilayah Kecamatan Ampelgading, menuju Jembatan Gladak Perak kurang lebih sejauh 40 kilometer. 

Jembatan Gladak Perak yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang tersebut, putus total akibat terjangan banjir lahar dingin usai Gunung Semeru meletus. Derasnya banjir lahar dingin menyebabkan jembatan sepanjang 100 meter itu terputus.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])