Ini Kata Panglima TNI Andika Perkasa Soal Pangkostrad Pengganti Dudung

Nusantaratv.com - 17/11/2021 20:53

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (kiri) dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. (Foto: Agus Suparto/Biro Setpres))
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (kiri) dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. (Foto: Agus Suparto/Biro Setpres))

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Pasca dilantiknya Jenderal Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) terjadi kekosongan di Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Muncul sederet nama yang disebut-sebut sebagai calon kuat Pangkostrad pengganti Dudung. 

Merespon hal ini, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan melaporkan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal Pangkostrad pengganti Jenderal Dudung Abdurachman. Andika menegaskan pengisian jabatan di TNI itu lewat sidang Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi).

"Saya akan lapor kepada presiden karena ini hubungannya dengan Wanjakti, jadi pengisian jabatan itu kan mekanismenya melalui sidang Wanjakti," kata Andika, Rabu (17/11/2021).

Andika menjelaskan terkait sosok yang akan menempati posisi sebagai Pangkostrad dirinya hanya menyiapkan data. Presiden Jokowi-lah yang akan memutuskan.

Baca juga: Ini Daftar Calon Kuat Pangkostrad, Dudung: Nanti Kami Lapor Panglima-Presiden 

"Pokoknya saya bertugas hanya menyiapkan data, memohon petunjuk. Beliau silakan memilih sesuai dengan yang memang sudah eligible," ujar Andika.

"Banyak, yang eligible sudah banyaklah," imbuhnya mengutip detikcom.

Ketika ditanyakan soal Mayjen Maruli Simanjuntak yang santer disebut akan menjadi Pangkostrad, Andika tak menjawab gamblang. Dia kembali menegaskan keputusan tersebut berada di tangan Presiden.

"Itu nanti diputuskan oleh beliau. Kami tugasnya hanya menyiapkan data kemudian melaporkan kepada presiden," pungkasnya.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in