Hari Ini 12 Tahun Meninggalnya Gus Dur, Peringatan Digelar di Jombang Sampai Berlin

Nusantaratv.com - 30/12/2021 07:23

Gus Dur. (Net)
Gus Dur. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Peringatan wafatnya atau haul ke-12 Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) digelar oleh pihak keluarga dan turut dimeriahkan oleh sejumlah tokoh nasional pada Kamis (30/12/2021) malam.

Dalam akun Twitter-nya, putri Gus Dur, Alissa Qotrunnada Wahid, mengabarkan penyelenggaraan haul Gus Dur terbuka untuk umum secara daring.

"Saudara-saudari sebangsa, Monggo saya aturi rawuh dalam acara #HaulGusDur2021 yang akan digelar secara online," ujar Alissa dalam akun Twitter miliknya, @AlissaWahid, dikutip Kamis (30/12/2021).

Alissa turut mengunggah flyer acara Haul Gus Dur akan digelar di empat titik, yaitu di kediaman pribadi Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang Jawa Timur, Kedutaan besar Indonesia di Berlin, Jerman dan Peace Village Yogyakarta.

Dalam cuitannya tersebut pula, Alissa menginformasikan ada sejumlah tokoh yang hadir dalam acara tersebut. Mereka di antaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir hingga Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf.

Rangkaian acara Haul Gus Dur sendiri akan digelar doa bersama, tausiyah, pagelaran musik dan shalawat, testimoni sejumlah duta besar, tokoh nasional, pemuka agama, sahabat Gus Dur, dan Seniman Nusantara.

Masyarakat yang hendak berpartisipasi dalam Haul Gus Dur dapat mengakses melalui kanal media sosial resmi milik NU atau Wahid Foundation.

Gus Dur meninggal dunia pada 30 Desember 2009 lalu di Jakarta pada umur 69 tahun. Gus Dur sempat menjabat sebagai Presiden Indonesia pada 1999-2001.

Posisinya sebagai presiden dimakzulkan dalam Sidang Istimewa Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Senin 23 Juli 2001.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in