Gara-gara Covid-19, Narapidana Thailand Bakar Penjara

Nusantaratv.com - 18 Desember 2021

Ilustrasi pembakaran penjara/ist
Ilustrasi pembakaran penjara/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Kerusuhan pecah di sebuah penjara di selatan Thailand. Ratusan narapidana yang marah karena memprotes penanganan klaster covid-19 di dalam tahanan membakar penjara tersebut.

Sebelumnya, ratusan narapidana telah terlibat perkelahian selama dua hari berturut-turut yang mengakibatkan sejumlah napi dan petugas terluka.

Media setempat melaporkan kerusuhan yang terjadi sejak Kamis (16/12/2021) tersebut bermula ketika para tahanan meminta sipir memindahkan seorang napi yang terpapar covid-19. 

Diketahui, penjara tersebut dihuni sebanyak 2.100 narapidana dan 300 diantaranya terkonfirmasi positif covid-19. 

Aksi pembakaran pertama kali dilakukan para narapidana pada Jumat (17/12/2021) malam. Atas insiden tersebut, 31 narapidana kemudian ditangkap dan dibawa ke penjara berkeamanan tinggi.

"Tidak ada korban jiwa, hanya luka-luka ringan," kata Juru Bicara Deputi Kepolisian Nasional Thailand, Kissana Phathanacharoen.

Baca juga: Geng Narkoba Meksiko Baku Tembak di Pantai, Turis Panik dan Berlarian

Media lokal melaporkan 14 narapidana terluka akibat terkena peluru karet.

"Situasinya saat ini sudah terkendali, dan petugas akan menginspeksi kerusakan yang terjadi akibat kerusakan," ungkap Kissana mengutip CNNIndonesiacom.

Penjara-penjara di Thailand memang memiliki masalah dengan kapasitas. 

Departemen Lembaga Pemasyarakatan Thailand mencatat, selama pandemi, sebanyak 87 ribu narapidana terinfeksi Covid-19 dan 185 di antaranya meninggal dunia.

Adapun untuk vaksinasi hampir 93 persen dari 281.535 narapidana di Thailand sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])