Covid Naik, China Batalkan Ratusan Penerbangan dan Tutup Sekolah

Nusantaratv.com - 21 Oktober 2021

China. (Net)
China. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pemerintah China membatalkan ratusan penerbangan, menutup sekolah dan meningkatkan pengujian massal, guna mengendalikan penularan baru Covid-19 yang berkaitan dengan sekelompok wisatawan.

Dikutip dari kantor berita AFP, Kamis (21/10/2021), Beijing sudah mempertahankan pendekatan nol-Covid secara berkelanjutan dengan menutup perbatasan secara ketat dan lockdown (penguncian) yang ditargetkan, bahkan ketika negara-negara lain secara tentatif mencoba untuk melonggarkan kebijakan pembatasan.

Wabah secara domestik sebagian besar telah teratasi, tetapi seiring China mencatat kasus-kasus baru selama lima hari berturut-turut, sebagian besar di wilayah utara dan barat laut, pihak berwenang meningkatkan kontrol virus corona.

Wabah terbaru dikaitkan dengan pasangan lanjut usia yang merupakan bagian dari kelompok beberapa turis. Mereka memulai perjalanan di Shanghai sebelum terbang ke Xi'an, provinsi Gansu dan Mongolia Dalam.

Sejak itu puluhan kasus dikaitkan dengan perjalanan mereka, dengan kontak erat di setidaknya lima provinsi dan wilayah, termasuk ibu kota Beijing.

Tak tinggal diam, pemerintah daerah telah meluncurkan pengujian massal dan menutup tempat-tempat publik seperti lokasi wisata, sekolah dan tempat hiburan di daerah yang terkena dampak, dan juga memberlakukan pembatasan pada kompleks perumahan tertentu.

Beberapa daerah termasuk di Lanzhou, yang memiliki empat juta orang penduduk di barat laut China, penduduknya dilarang untuk melakukan perjalanan yang tidak diperlukan.

Mereka yang terpaksa pergi harus menunjukkan hasil negatif tes Covid-19.

Menurut data pelacak penerbangan VariFlight, bandara-bandara di wilayah yang terkena wabah telah membatalkan ratusan penerbangan. Sekitar 60 persen penerbangan ke dua bandara utama di Xi'an dan Lanzhou telah dibatalkan.

Sebelumnya dalam pemberitahuan yang diterbitkan pada Senin (18/10/2021), kota Erenhot di Mongolia Dalam menyatakan perjalanan masuk dan keluar kota dilarang, dan penduduk tidak diperbolehkan meninggalkan kompleks perumahan mereka.

Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan ada 13 kasus domestik baru pada hari Kamis ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])