Covid-19 Masih Mengancam! WHO Laporkan Terjadi Peningkatan Kasus Kematian di Dunia

Nusantaratv.com - 27/10/2021 18:33

Pelonggaran mobilitas masyarakat telah memicu lonjakan kasus covid-19 di Eropa/ist
Pelonggaran mobilitas masyarakat telah memicu lonjakan kasus covid-19 di Eropa/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Perjuangan dunia termasuk Indonesia dalam menghadapi ancaman pandemi covid-19 masih sangat panjang. Pasalnya, saat ini kembali terjadi peningkatan kasus covid-19 di tingkat global. 

Kabar kurang menggembirakan itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi. 

Nadia menyampaikan World Health Organization (WHO) melaporkan saat ini terjadi peningkatan kasus Covid-19 di tingkat Global. 

“Sebelum kita masuk ke situasi nasional, kami juga ingin menyampaikan situasi Global pandemi Covid-19 yang bisa menjadi masukan dan pembelajaran terkait respon nasional kita. Berdasarkan laporan WHO per tanggal 26 Oktober kemarin terjadi peningkatan tajam sejumlah kasus kematian di tingkat Global,” ungkap Nadia, Rabu (27/10/2021).

Nadia menyebutkan lonjakan kasus covid-19 terbesar terjadi di Eropa. Benua Biru menyumbang 50% dari peningkatan kasus covid-19 global.

Baca juga: WHO Peringatkan Pandemi Covid-19 Bakal Berlanjut Hingga 2022, Ini Sebabnya 

“Dan di regional Eropa berkontribusi sekitar kurang lebih, lebih dari 50% total penambahan kasus baru. Dan sekitar 14% dari total kematian baru,” paparnya mengutip okezonecom. 

Nadia mengungkapkan, WHO juga melaporkan beberapa negara yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 tertinggi. 

“Jika kita lihat di tingkat negara, maka negara Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Turki dan Ukraina merupakan negara yang melaporkan kasus tertinggi di level Global,"tuturnya. 

Nadia menambahkan salah satu yang dianggap mempengaruhi peningkatan kasus tersebut adalah sudah dilakukan berbagai pelonggaran dan terutama terjadinya penurunan kepatuhan terhadap protokol kesehatan termasuk penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak. 

“Dari situasi Global ini kita ambil pelajaran, bahwa vaksinasi saja belum cukup harus diimbangi dengan kepatuhan kita terhadap protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” tukasnya.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in