Bupati Konawe Utara Ruksamin Raih Penghargaan Penanganan Terbaik Pandemi Covid-19

Nusantaratv.com - 04/11/2021 20:01

Bupati Konawe Utara Ruksamin terima penghargaan, Penanganan Terbaik Pandemi Covid-19/ist
Bupati Konawe Utara Ruksamin terima penghargaan, Penanganan Terbaik Pandemi Covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Kendari, Nusantaratv.com-Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin berhasil meraih penghargaan penanganan terbaik pandemi covid-19 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Di bawah pimpinan Ruksamin, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara dinilai berhasil melakukan upaya pencegahan dan penanganan bencana non alam wabah pandemi Covid-19.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Ruksamin dari Gubernur Sultra, Ali Mazi, didampingi Sekretaris BNPB RI, Lilik Kurniawan di salah satu hotel di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (02/11/2021).

Selain Kabupeten Konawe Utara, penghargaan serupa juga diberikan kepada Kota Kendari, Konawe Selatan, Buton Selatan, Muna Barat, Bombana, dan Kolaka.

Ruksamin mengaku, sangat berterimakasih kepada Kepala BNPB Pusat, Gubernur Sultra, dan pihak-pihak terkait lainnya atas penghargaan yang diberikan kepada Konawe Utara atas apa yang sudah dilakukan selama ini dalam upaya penanganan wabah pandemi Covid-19.

“Ternyata apa yang kita lakukan selama ini dinilai sangat positif, termasuk upaya-upaya penanganan dan pencegahan Covid-19 secara cepat yang kita luncurkan yaitu unit reaksi cepat tanggap di Konut,” kata Ruksamin mengutip Sultrakini.

Baca juga: Ketua MPR Berikan Penghargaan ke Nakes-Relawan Vaksinasi Covid

Ruksamin menjelaskan berkat upaya keras Pemkab beserta jajaran terkait berhasil mengendalikan pandemi covid-19. Terbukti Konawe Utara menjadi kabupaten terakhir di Sultra yang “Pecah Telur” masuknya Pandemi Covid-19.

“Bahkan Konut menjadi kabupaten pertama yang melakukan proses belajar mengajar tatap muka langsung di sekolah pada Juli 2021, setelah kasus Covid-19 mulai melandai,” paparnya.

Tak hanya itu, sambung Ruksamin, Konawe Utara juga menjadi kabupaten pertama yang mengalami penurunan kasus Covid-19 pada fase peningkatan tertinggi di Sultra belum lama ini.

“Meskipun demikian Pemda Konut tetap menggenjot program pencegahan, meski sudah landai. Salah satu upaya yang dilakukan Pemda saat ini melakukan pemasangan Barcode termasuk di kantor-kantor OPD, untuk mengidentifikasi masyarakat yang sudah vaksin atau belum, sebagai upaya pencegahan,” pungkasnya.

Ruksamin menyatakan kasus Covid-19  di Konawe Utara sudah zero kasus atau tidak ada lagi kasus Covid-19. Ia berharap situasi ini bisa terus bertahan hingga situasi darurat Covid-19 benar-benar dicabut oleh negara.

Pemerintah Kabupaten Konawe Utara mengucapkan terimakasih kepada seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat di Konawe Utara mulai dari Polres Konawe Utara, Dandim 1417/Haluoleo, Kejaksaan Negeri Unaaha, DPRD Konawe Utara, Binda Konawe Utara, Pos AL Konawe Utara Pos Pol-Air Konawe Utara, seluruh Polsek di Konawe Utara, Basarnas Konawe Utara, Kanwil Agama Konawe Utara, BPS Konawe Utara, para Kepala Desa dan jajaran, Kepala Puskesmas dan jajaran, Kepala Sekolah, Ikatan Dokter Indonesia Konawe Utara, TP-PKK se-Kabupaten Konawe Utara, Karang Taruna Konawe Utara, Tenaga Medis dan Relawan se Konawe Utara dan para pihak lainnya yang turut bersinergi dan berkontribusi dalam perjuangan penanganan pandemi covid-19 di Kabupeten Konawe Utara. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in