Besok Siang, 500 Jemaah Umrah Indonesia Diberangkatkan

Nusantaratv.com - 07/01/2022 22:45

Suasana Ka'bah di masa pandemi covid-19/ist
Suasana Ka'bah di masa pandemi covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Untuk pertama kalinya sejak pandemi covid-19 melanda dunia dan Tanah Air, sebanyak 500 jemaah umrah Indonesia akan diberangkan lewat Bandara Soekarno-Hatta, pada Sabtu (8/1/2022). 

500 jemaah tersebut masuk dalam kloter pertama sesuai Kebijakan Umrah Satu Pintu atau one gate policy (OGP) dengan menggunakan Asrama Haji Pondok Gede Jakarta sebagai lokasi screening kesehatan 1x24 jam sebelum berangkat. 

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) RI, Nur Arifin mengatakan kloter pertama, sebanyak 500 jemaah yang berasal dari Asosiasi Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) ini akan diberangkatkan dengan dua penerbangan yakni sebanyak 420 orang menggunakan pesawat Lion Air pukul 13.10 WIB dan 80 orang menggunakan Qatar Airlines pukul 18.20 WIB. 

"400 orang naik Lion dan Qatar Airlines naik 80 orang, yang terbaru tambah 20 orang jadi 420 orang naik Lion, berarti 500 orang. Jemaah dari Samira Ali yang tergabung dalam Asosiasi HIMPUH,"ujar Arifin.

Baca juga: Kemenag Pastikan Pemberangkatan Jemaah Umrah Indonesia pada 8 Januari 2022 

"Animo masyarakat kita yang tinggi sekali bahwasanya kita tidak menunggu terus karena fakta bahwa tidak ada larangan berpergian ke luar negeri. Kalau dikendalikan umrah bisa dirasakan tapi dengan pengawalan dan pengendalian yang tepat," imbuhnya. 

Karenanya, pada keberangkatan awal ini, Kemenag akan melakukan sebanyak 4 (empat) kali penerbangan awal dengan menggunakan konsep OGP. Setelah itu, pihak nya akan melakukan evaluasi. 

"Untuk 4 kali pemberangkatan awal masih di Soekarno Hatta dengan konsep OGP di asrama sehari sebelum keberangkatan. Setelah 4 kali ada evaluasi lagi, apakah sudah bisa disebar di masing-masing embarkasi atau masih harus tetap OGP kita fokuskan ke asrama haji ini,"ujarnya, mengutip okezonecom. 

"Kita lihat mudah-mudahan 4 kali hasilnya bagus nanti kita evaluasi lagi," tukasnya.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in