Beri Bekal ke 1.500 Advokat, Otto Hasibuan: Jangan Khianati Klien!

Nusantaratv.com - 05/01/2022 15:10

Pembekalan 1.500 advokat Peradi.
Pembekalan 1.500 advokat Peradi.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sebanyak 1.500 advokat se-Jawa Timur mendapat pembekalan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional DPN Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi), Otto Hasibuan di Graha Samudra Bumimoro, Surabaya, Selasa (4/1/2021).

Pembekalan advokat baru ini bahkan dicatat oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), karena merupakan yang terbanyak. 

Dalam pembekalannya, Otto Hasibuan mengingatkan para calon advokat yang akan disumpah untuk meresapi maksud dari advokat sebagai officium nobile atau profesi mulia dan terhormat.

Guna menjaga profesi advokat tetap mulia, kata Otto, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan. Pertama, jangan pernah melakukan pengkhianatan terhadap klien. Kendati, pada akhirnya klien mengecewakan advokat.

"Jangan sekali-kali mengkhianati klien," ucap Otto. 

Selanjutnya, Otto meminta advokat tak menyia-nyiakan klien. Apalagi menolak klien dengan alasan berbeda agama, berbeda sikap politik, berbeda keadaan ekonomi. 

"Jika ada pikiran seperti itu, hari ini saya minta besok Anda tidak disumpah," kata Otto tegas. 
 
Peradi sendiri, menurut Otto membuat pembekalan seperti ini lantaran ingin para advokat menjadi sosok yang pintar serta jujur. Sebab kedua hal ini dipandang saling berkaitan satu sama lain, untuk dapat meningkatkan kualitas advokat di Indonesia.

"Agar ini bisa tercapai, maka organisasi advokat harus tunggal, supaya standarisasinya jelas, dia punya power untuk mengawasi sehingga advokat itu baik. Semuanya untuk kepentingan pencari keadilan, bukan kepentingan saudara semata-mata. Kalau Anda tidak pintar dan tidak jujur, yang jadi korban adalah masyarakat pencari keadilan," jelasnya.

Ketua DPC Peradi Surabaya Hariyanto menambahkan, pembekalan kepada advokat baru rutin pihaknya gelar. Ini dilakukan sebelum para calon advokat disumpah di Pengadilan Tinggi Jawa Timur.

"Maka, diharuskan untuk dilantik dulu dan diangkat menjadi anggota organisasi profesi. Ini adalah amanat dari Undang-Undang Advokat," ujar Hariyanto 

Menurut Hariyanto, DPC Peradi Surabaya di diberi kewenangan untuk menyelenggarakan pelantikan serta pembekalan kepada advokat baru. Disamping itu juga ada pelantikan beberapa DPC Peradi di Jawa Timur.

"Kita juga mengundang MURI karena pembekalan ini terbesar di seluruh Indonesia. Ada sekitar 1.500 advokat yang hadir di sini dengan prokes yang sangat ketat," jelasnya.

Pembekalan oleh Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan sendiri, kata Hariyanto sangatlah penting. Mengingat etika profesi harus dijunjung tinggi.

"Ini adalah wajib harus diketahui oleh advokat baru. Mereka harus tahu rambu-rambu etikanya. Jangan sampai advokat Peradi diadili di Dewan Kehormatan Peradi," tandasnya. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in