Beredar Video Jalur Wisata Gunung Bromo Amblas, Ini Faktanya

Nusantaratv.com - 19/11/2021 14:11

Ilustrasi jalan amblas/ist
Ilustrasi jalan amblas/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Jagat media sosial dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang mengabarkan amblasnya jalur menuju kawasan wisata Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook, pada Kamis (18/11/2021). 

Dalam video berdurasi 29 detik itu terlihat jalanan yang amblas dan sejumlah warga terlihat mendekati lokasi. 

Lalu beberapa pengendara sepeda motor memutar balik dan enggan melewati jalan tersebut. 

"Jalur Wisata Gunung Bromo amblas," tulis salah satu akun Facebook.

Fakta

Apakah benar peristiwa dalam rekaman video tersebut merupakan amblasnya jalur menuju Gunung Bromo?

Berdasarkan hasil penelusuran, mengutip antaranewscom, Jumat (19/11/2021),  Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur memastikan bahwa video amblesnya jalur wisata Bromo yang beredar secara luas di media sosial adalah informasi yang tidak benar atau hoaks.

Baca juga: Bencana Longsor Kembali Terjadi di Sibolangit Sumut, 1 Orang Tewas dan Puluhan Rumah Tertimbun

"Kami sudah mengecek dan memastikan bahwa kabar amblesnya jalan di jalur wisata Gunung Bromo melalui Kabupaten Probolinggo tersebut hoaks atau disinformasi yang artinya penyampaian informasi yang salah (dengan sengaja) untuk membingungkan orang lain," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informartika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian.

"Faktanya, peristiwa jalan ambles akibat longsor itu bukan terjadi di jalur wisata Gunung Bromo dan dipastikan kejadiannya terjadi di luar Kabupaten Probolinggo," imbuhnya.

Yulius menjelaskan jalur wisata Gunung Bromo melalui pintu masuk Kabupaten Probolinggo hingga Jumat pagi masih aman dan tidak ada jalan ambles, sehingga aman dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Memang ada sedikit longsor tapi longsoran kecil dan sudah dibersihkan oleh petugas, sehingga akses jalan menuju wisata Bromo bisa dilalui kembali, sehingga aman dan tidak ada jalan ambles," katanya.

Yulius mengimbau semua pihak untuk lebih bijak dalam bermedia sosial dan tidak menyebarkan informasi hoaks yang membuat masyarakat resah dan panik dengan beredarnya video tersebut.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in