Berbahaya bagi Kesehatan, 158 Ribu Alat Makan-Minum Berbahan Melamin Buatan China Dimusnahkan

Nusantaratv.com - 24 November 2021

Ratusan ribu produk melamin buatan China dimusnahkan/ist
Ratusan ribu produk melamin buatan China dimusnahkan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Sebanyak 158.488 peralatan makan dan minum berbahan melamin buatan China yang dinilai berbahaya bagi kesehatan dan  tidak sesuai standar nasional Indonesia (SNI) dimusnahkan.

Pemusnahan perabotan berupa piring, mangkok, gelas, centong, hingga sendok itu dilakukan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta di kantornya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (23/11/2021).

"Ini dalam rangka menertibkan pengawasan di bidang perdagangan dan perlindungan konsumen kepada masyarakat yang ada di Jakarta," ujar Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo.

Diketahui, perabotan makan dan minum yang tidak sesuai SNI itu merupakan barang dari China yang diimpor oleh satu perusahaan di Jakarta.

Ratusan ribu produk berbahan melamin produk asal China itu dimusnahkan karena pada suhu tertentu bisa berdampak bahaya pada kesehatan masyarakat.

Baca juga: 6 Warga China Tak Berpaspor Paspor Kedapatan Nambang Emas Ilegal di Papua

"Ini ditemukan sudah beredar di pasar, di market place dan kami lalu menindaklanjuti dari laporan masyarakat," kata Elisabeth, mengutip tribunnewscom.

Dinas PPKUKM hanya memberikan sanksi teguran dan penarikan barang terhadap perusahaan yang mengimpor produk asal China berbahaya tersebut.

Pasalnya, perusahaan yang mengimpor produk tidak sesuai SNI tersebut sudah kooperatif.

"Tidak ada sanksi pidana karena perusahaannya sudah kooperatif," tutup Elisabeth.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])