Banyak Keluhan Masyarakat, Jokowi Minta Harga Tes PCR Diturunkan  jadi Rp300 Ribu 

Nusantaratv.com - 25/10/2021 18:01

Presiden Joko Widodo (Jokowi)/ist
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kabinetnya untuk menurunkan harga tes PCR hingga Rp300 ribu. 

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai mengikuti rapat terbatas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin Presiden Jokowi.

Selain memerintahkan menurunkan harga tes PCR, sambung Luhut, Jokowi juga ingin melonggarkan syarat perjalanan. Masa berlaku tes PCR juga akan diperpanjang. 

"Arahan Presiden agar harga PCR dapat diturunkan menjadi Rp 300ribu dan berlaku selama 3x24 jam untuk perjalanan pesawat," kata Luhut mengutip cnnindonesiacom, Senin (25/10).

Luhut menjelaskan, rapat itu juga membahas berbagai kritik soal penerapan PCR saat kasus melandai. Ditegaskan, kebijakan wajib tes PCR untuk penerbangan tetap diterapkan guna mencegah lonjakan kasus covid-19.

Baca juga: Penumpang Keluhkan Harga Tes PCR Sama dengan Tiket Pesawat

Lebih lanjut Luhut mengatakan, saat ini mobilitas masyarakat sudah meningkat. Seperti di Provinsi Bali saat ini sudah sama dengan musim libur akhir tahun lalu.

"Kita belajar dari banyak negara yang melakukan relaksasi aktivitas masyarakat dan protokol kesehatan, kemudian kasusnya meningkat pesat meskipun tingkat vaksinasi mereka jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia," ujarnya.

Ini kali kedua Jokowi memerintahkan penurunan harga tes PCR. Sebelumnya, Jokowi pernah memerintahkan penurunan harga tes PCR. Tak lama berselang,  harga tes PCR yang semula berkisar Rp1 juta turun menjadi Rp495.000 hingga Rp525.000.

Mencuatnya kembali polemik seputar harga tes PCR, setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan tes PCR menjadi syarat wajib bagi pelaku perjalanan menggunakan pesawat terbang, yang berlaku mulai Minggu 24 Oktober 2021. 

Kebijakan tersebut sontak menuai reaksi dari masyarakat. Secara umum masyarakat mengaku sangat terbebani dengan harga tes PCR yang cukup mahal. Belum lagi, masa berlaku tes PCR juga terbilang singkat hanya 2x24 jam. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in