Banten Kembali Dilanda Gempa Susulan Beberapa Kali, Guncangannya Terasa Hingga Jakarta

Nusantaratv.com - 14 Januari 2022

Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Satu jam setelah dilanda gempa bumi berkekuatan 6,7 magnitudo sekitar pukul 16.05 WIB, Jumat (14/1/2022) Wilayah Banten mengalami gempa susulan beberapa kali. 

Gempa susulan terbaru terjadi sekitar pukul 17.19 dengan kekuatan 4,0 magnitudo. 

Badan Meteorologi KLimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan pusat gempa susulan terjadi di Selat Sunda pada kedalaman 10 kilometer. 

Sebelumnya, gempa susulan berkekuatan 3,7 dan 5,7 magnitudo terasa di Jakarta beberapa kali terjadi di wilayah Banten. 

Guncangan terasa di gedung tinggi Jakarta. Di gedung tinggi wilayah Tendean, Jakarta Selatan, terasa guncangan beberapa detik.

Baca juga: Gempa Besar Landa Jakarta, Tak Potensi Tsunami

Sementara itu, guncangan gempa pertama 6,7 magnitudo yang kemudian diperbarui menjadi 6,6 magnitudo danpaknya dirasakan di sejumlah wilayah di Banten, antara lain, di Cikeusik, Panimbang dan di Labuan dan Sumur.

Gempa juga dirasakan di Tangerang Selatan, Lembang, Kota bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, Bandar Lampung dan di Anyer.

Bahkan guncangan gempa juga dirasakan di Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kota Bandung, Kab.Bogor dan Kotabumi.

Dikabarkan, gempa mengakibatkan masyarakat di sejumlah wilayah tersebut panik dan berhamburan keluar dari rumah, apartemen hingga perkantoran. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])