Anak Diplomat Tertular Varian Omicron Transmisi Lokal

Nusantaratv.com - 03 Januari 2022

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin membeberkan beberapa kasus transimisi lokal Covid-19 varian Omicron. Salah satu pasien Omicron, kata dia ialah anak diplomat yang tinggal di Tanah Air.

Menurut Budi, pasien itu tertular Omicron dari keluarganya yang baru pulang dari luar negeri. Tapi, ia tak menjelaskan rinci soal pasien itu.

"Satu itu ada anak diplomat yang tertular kakaknya dari luar, tapi dia tinggal di Indonesia. Satu lagi adalah couple yang jalan liburan ke Bali," ujar Budi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/1/2022).

Budi menyampaikan pemerintah terus menelusuri kemungkinan orang lain yang terpapar Omicron lewat transmisi lokal. Pemerintah memulainya dengan menelusuri kontak para pasien Covid-19 varian Omicron.

Pemerintah mendatangi lokasi-lokasi yang dikunjungi pasien tersebut. Lokasi diketahui via aplikasi PeduliLindungi yang digunakan pasien.

"Kita tahu dia datang ke mal-mal mana saja di Jakarta, ke restoran mana saja. Satu restoran itu kita swab, tapi alhamdulillah sekarang kontak eratnya negatif," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan 152 kasus Covid-19 varian Omicron. Sebanyak 6 kasus di antaranya merupakan orang yang tertular Omicron lewat transmisi lokal.

Sebagian besar kasus Omicron masih berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Oleh karena itu, pemerintah memperketat kedatangan orang dari luar negeri dengan meniadakan dispensasi karantina.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])