Aceh Timur Dilanda Banjir, 25 Ribu Warga Terdampak

Nusantaratv.com - 01 Januari 2022

Aceh Timur dilanda banjir/ist
Aceh Timur dilanda banjir/ist

Penulis: Ramses Manurung

Aceh Timur, Nusantaratv.com-Delapan kecamatan di Aceh Timur, Aceh dilanda banjir pada tahun baru 2022. Banjir terjadi akibat tingginya intensitas hujan sejak Kamis (30/12/2021). 

Delapan kecamatan yang dilanda banjir adalah Bireum Bayeun, Indra Makmur, Sungai Raya, Idi Tunong, Rantau Selamat, Rantau Peureulak, Julok dan Nurussalam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Ilyas mengatakan ketinggian banjir bervariasi mulai dari 20 cm hingga 150 cm. Banjir juga mengakibatkan satu rumah rusak.

"Warga terdampak banjir sekitar 25 ribu jiwa," kata Ilyas, Sabtu (1/1).

Dikarenakan rumahnya terendam air yang cukup tinggi ribuan warga terpaksa mengungsi. Ilyas menyampaikan warga yang mengungsi berjumlah 3.435 jiwa. Para pengungsi banyak berasal dari dua desa di Kecamatan Birem Bayeun, yakni Gampong Alue Sentang sebanyak 1.600 jiwa dan Gampong Alur Nyamuk 80 jiwa.

Baca juga: Sungai Meluap, Bekasi Timur Dilanda Banjir Hingga 1 Meter

Sejumlah warga di desa Julok Rayeuk Kecamatan Indra Makmur juga mengungsi. Di Kecamatan Rantau Selamat, 123 warga Desa Bayeun yang mengungsi.

Desa yang banyak juga pengungsi adalah Desa Blang Jambee Kecamatan Julok yaitu 1.150 warga.

"Warga di Aceh Timur mengungsi ke rumah tetangga yang lebih tinggi dan meunasah," jelas Ilyas, mengutip detikcom.

Ilyas menyebutkan hingga kini hujan masih terus mengguyur di wilayah Aceh Timur. Namun di beberapa desa, banjir mulai surut.

"Sebagian badan jalan di Aceh Timur tertimbun longsor, dan akses jalan ke Desa Bukit Seulemak Kecamatan Birem Bayeun putus total tertimbun longsor," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])