2 Ormas di Karawang Bentrok, 1 Mobil Dirusak dan 2 Orang Terluka Parah Terkena Sajam

Nusantaratv.com - 24 November 2021

Satu unit mobil rusak berat dan 2 anggota ormas terluka para akibat bentrokan ormas di Karawang/ist
Satu unit mobil rusak berat dan 2 anggota ormas terluka para akibat bentrokan ormas di Karawang/ist

Penulis: Ramses Manurung

Karawang, Nusantaratv.com-Dua organisasi kemasyarakatan (ormas) di Karawang terlibat bentrokan, Rabu (24/11/2021). Bentrokan mengakibatkan satu unit mobil rusak berat dan dua anggota ormas terluka parah terkena sabetan senjata tajam. 

Bentrokan terjadi di Jalan Interchange, Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

Diduga bentrokan dipicu rebutan limbah pabrik,  

Polisi hingga kini masih terus berupaya untuk membubarkan masa yang berkumpul di sejumlah titik di Karawang.

Menurut informasi, bentrokan bermula saat ormas akan melakukan aksi di salah satu pabrik yang berada di kawasan KIIC. Namun salah satu ormas yang tergabung dalam aliansi ormas di Karawang tidak terima atas aksi itu dan mencoba membubarkan atas aksi yang di lakukan oleh ormas tersebut. Hingga berujung terjadinya bentrokan. 

Baca juga: Kerusuhan Kembali Terjadi di Penjara Ekuador, 80 Narapidana Tewas

Rebutan Limbah Pabrik

Bentrokan antar ormas yang terjadi di Karawang diduga dipicu rebutan limbah ekonomis di salah satu pabrik di kawasan industri KIIC (Karawang International Industrk City). 

Awalnya, ribuan orang yang mengatasnamakan Koalisi LSM Karawang berkumpul di lapangan Karapawitan, Karawang Barat. Sementara lawannya dari kelompok masa ormas GMBI, Grip yang jumlahnya mencapai ribuan sudah berada di dalam KIIC. Dua kelompok massa ini bentrok memperebutkan limbah ekonomis milik PT. Ichie Industries, mengutip okezonecom. 

Polisi berupaya memisahkan massa agar tidak sampai bertemu. Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono bersama Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf Medi mencoba menenangkan massa dan mengumpulkan di halaman Masjid Aljihad. 

Para ketua LSM dari Koalisi LSM Karawang dikumpulkan dan diminta agar tidak menuju KIIC. Koalisi LSM Karawang terdiri dari LSM NKRI, GMPI, Kompak dan LMP masih bertahan di halaman Masjid Aljihad. 

Sementara di KIIC LSM GMBI dan Grip masih di dalam KIIC karena sedang pertemuan dengan manajemen perusahaan PT. Ichie Industries membahas masalah limbah. Polisi berusaha memblokir jalan menuju KIIC agar dua kelompok massa itu tidak bertemu. Namun, ratusan anggota Koalisi LSM tiba-tiba memutuskan menuju KIIC.

Di tengah perjalanan tepatnya di Jalan Interchange Karawang Barat ratusan anggota Koalisi LSM Karawang bertemu dengan LSM GMBI yang juga sedang menuju KIIC. Akahirnya terjadilan bentrokan kedua kelompok massa yang mengakibatkan satu orang luka parah terkena sabetan benda tajam. 
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])