Thailand Dibuat Pusing dengan Taktik Shin Tae-yong?

Nusantaratv.com - 28/12/2021 18:17

Pelatih Thailand Alexandre Polking. (AFP)
Pelatih Thailand Alexandre Polking. (AFP)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Timnas Thailand dikatakan pusing melihat taktik yang dimainkan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 (2021). Indonesia dijadwalkan melawan Thailand dalam leg pertama final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Rabu (29/12/2021) malam.

Final kali ini bisa jadi momentum Skuad Garuda dalam meraih gelar pertama Piala AFF. Mengingat, Indonesia yang tampil dengan mayoritas pemain muda bisa mencapai partai puncak melewati tim-tim yang lebih difavoritkan seperti Vietnam serta Singapura.

Komposisi tim yang minim pengalaman di Piala AFF itu nyatanya disebut membuat Thailand pusing. Dikutip dari media Thailand Siamsport, Gajah Perang pusing karena Indonesia memainkan taktik yang unik sepanjang pagelaran Piala AFF.

"Pemantau Thailand pusing. Aneh tapi nyata, Indonesia sudah memainkan enam pertandingan dengan rencana yang unik," tulis Siamsport.

Pada enam pertandingan Piala AFF 2020, pelatih Shin Tae Yong memainkan enam formasi yang berbeda untuk Tim Merah Putih.

Siamsport melaporkan, kala melawan Kamboja pada laga pertama Grup B, Indonesia menggunakan skema 4-1-4-1 dan menang 4-2.

Di laga kedua menghadapi Laos, Shin Tae Yong menerapkan formasi menyerang 4-3-3. Hasilnya memuaskan, Indonesia menang 5-1.

Menghadapi Vietnam pada laga ketiga yang juga jadi pertaruhan Indonesia ke semifinal, Shin Tae Yong menggunakan 5-4-1 yang sukses mengimbangi The Golden Star Warriors 0-0.

Skema 4-4-2 menjadi formasi keempat yang digunakan Shin Tae Yong saat Indonesia melawan Malaysia pada pertandingan penentu di Grup B. Dengan skema itu Tim Garuda menyingkirkan Harimau Malaya 4-1.

Pelatih Shin Tae Yong kembali menggunakan 5-4-1 yang bertransformasi jadi 3-5-2 pada leg pertama semifinal melawan Singapura. Tapi hasilnya kurang positif setelah Indonesia diimbangi Singapura 1-1.

Pada leg kedua semifinal, Indonesia yang membutuhkan kemenangan memainkan 4-2-3-1. Skema ini membuat Singapura hancur setelah tiga pemain The Lions harus dikartu merah. Indonesia keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2 dan melawan Thailand di final Piala AFF.

Pada enam pertandingan tersebut, tiga pemain Indonesia jadi andalan Shin Tae Yong. Ketiganya antar lain Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya. Asnawi, Rachmat Irianto, dan Ricky adalah pemain yang selalu starter dalam enam laga Indonesia di Piala AFF.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Oleksandr Zinchenko-1645779348
Skuad Persebaya-1642785958