Shin Tae-yong Khawatir Anak Asuhnya Grogi di Final AFF

Nusantaratv.com - 28 Desember 2021

Shin Tae-yong. (Antara)
Shin Tae-yong. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, mengerti bahwa timnya yang didominasi pemain muda, berpotensi demam panggung di final Piala AFF 2020. Karenanya ia mengaku telah mengantisipasi hal itu.

Indonesia diketahui akan menghadapi Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021). Tim Garuda mampu melaju ke partai puncak dengan mengandalkan banyak pemain muda.

Timnas Indonesia memiliki skuad dengan rata-rata usia yang terbilang muda yaitu 23,8 tahun. Dengan skuad muda yang minim pengalaman ini, pasukan Merah Putih harus bersiap meredam tekanan dari laga final.

Pelatih Shin Tae-yong, paham betul bahwa faktor psikologis adalah salah satu aspek penting dalam menghadapi laga puncak. Ia juga sudah mempersiapkan jika para pemain muda ini bakal demam panggung di laga nanti.

Pria Korea Selatan ini memaklumi hal tersebut mengingat banyak pemain yang belum punya pengalaman untuk menghadapi laga final. Ia bakal berusaha menginstruksikan para pemainnya untuk tampil tenang demi bisa mengontrol pertandingan.

Pekerjaan Shin Tae-yong jelas tak mudah di babak final nanti. Sebab, Thailand juga memiliki pemain yang memiliki pengalaman cukup untuk menghadapi laga final

"Memang banyak pemain yang baru pertama di timnas dan besok akan menjadi pertandingan besar pertama untuk mereka. Laga besok pastinya banyak pemain yang grogi dan akan ada banyak momen berbahaya untuk kita," ujar Shin dalam wawancara dengan CNN TV.

"Maka dari itu dengan pengalaman yang saya miliki, saya akan banyak memberi instruksi kepada para pemain untuk lebih bisa mengontrol situasi," imbuhnya.

Hasil bagus tentunya diburu pasukan muda Indonesia pada leg pertama demi memudahkan langkah mereka di leg kedua untuk meraih juara. Leg kedua sendiri bakal juga dilangsungkan di National Stadium tiga hari berselang pada Sabtu (1/1/2022).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])