Kemendikbudristek Bakal Luncurkan Aplikasi Canggih Merdeka Mengajar tahun 2022

Nusantaratv.com - 21/12/2021 15:10

Nadiem Makarim/ist
Nadiem Makarim/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terus melakukan inovasi untuk mendukung proses belajar mengajar khususnya di era pandemi seperti sekarang ini. Rencananya, Kemendikbudristek akan meluncurkan aplikasi canggih yang diberi nama Merdeka Mengajar untuk para guru pada tahun 2022 mendatang. 

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan aplikasi ini akan membantu para guru meningkatkan kualitas pembelajaran.

"Kita akan meluncurkan salah satu aplikasi pertama kita untuk para guru-guru. Aplikasi Merdeka Mengajar yang tahun depan akan kita rilis untuk menjadi pembimbing dan membantu untuk guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran," ujar Nadiem, Senin (20/12/2021).

Nadiem memastikan Kemendikbudristek bakal melaksanakan digitalisasi secara masif di dunia pendidikan Indonesia pada tahun depan. Sejalan dengan misi tersebut, kata Nadiem, Kemendikbudristek bakal menyalurkan berbagai perangkat untuk digitalisasi sekolah.

Baca juga: Bangga! 15 Siswa SMA Binus Bikin Kajian Covid-19 di Jurnal Ilmiah Internasional
 
"Digitalisasi sekolah adalah tema terbesar. Distribusi laptop, alat TIK, proyektor, wifi terbesar di sejarah Indonesia. Kita lakukan untuk mempersiapkan anak-anak kita untuk era digital ini dan membantu guru-gurunya melakukan terobosan-terobosan inovatif," tutur Nadiem, mengutip tribunnewscom.

Selain aplikasi canggih Merdeka Mengajar, sambung Nadiem, tahun depan Kemendikbudristek juga akan meluncurkan hasil Asesmen Nasional tahun depan.

Dengan sistem tersebut, sekolah-sekolah bakal mengetahui hasil evaluasi dari Asesmen Nasional yang telah digelar pada 2021 ini.

"Di mana kita punya satu system asesmen yang akan memberikan format feed back, bukannya menghukum sekolah-sekolah tapi memberikan laporan dan rekomendasi bagaimana cara berubah," pungkas Nadiem. 


 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in