Inovasi Keren! Mahasiswa Unair Ubah Vespa Klasik Jadi Vespa Listrik

Nusantaratv.com - 08/03/2022 10:40

Enam mahasiswa Unair Surabaya dengan berkolaborasi dengan para dosen berhasil mengubah vespa klasik jadi vespa listrik/ist
Enam mahasiswa Unair Surabaya dengan berkolaborasi dengan para dosen berhasil mengubah vespa klasik jadi vespa listrik/ist

Penulis: Andi Faisal

Nusantaratv.com - Enam mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur berkolaborasi dengan para dosen berhasil melakukan inovasi mengubah vespa klasik jadi vespa listrik

Salah satu mahasiswa dari tim inovator Rizky Nur Rachman menuturkan kolaborasi itu terinspirasi motor vespa tua milik dosen Dr Cand Yoga Uta ST MT. Motor manual keluaran tahun 90-an tersebut mulai tidak stabil dan kerap mogok saat dikendarai.

“Akhirnya dosen mengajak kami untuk mengubah motor itu menjadi motor listrik. Biar bisa dikendarai seperti motor listrik zaman sekarang,” tutur Rizky.

Proses inovasi mengubah vespa klasik milik sang dosen menjadi vespa listrik itu dimulai pada pertengahan Desember 2021 dan memakan waktu dua bulan. 

Proses diawali dengan membongkar seluruh mesin vespa klasik untuk mengecek apakah pengkabelan vespa masih berfungsi atau tidak. Selanjutnya, mesin vespa klasik diganti dengan listrik. Termasuk ditambahkan baterai serta inverter pada vespa.

Menurut Rizky proyek inovasi vespa klasik jadi vespa listrik itu menjadi pengalaman baru bagi dirinya dan tim. Apalagi, mereka menangani vespa tua. Prosesnya pun memakan waktu lama karena banyak kerangka yang rusak dan harus diganti.

“Inovasi motor listrik itu di Indonesia belum terlalu banyak. Masih dipunyai beberapa perusahaan dan beberapa kampus yang sudah mulai mengerjakan. Kami berpikir ini hal baru dengan mengubah vespa biasa menjadi vespa listrik,” ujar Rizky.

Rizky dan tim mengaku senang dan bersyukur karena berhasil melakukan inovasi vespa klasik menjadi vespa listrik. Terlebih vespa listrik hasil inovasi mereka kini sudah bisa dikendarai. Namun ada satu hal lain yang juga tak kalah penting yang mereka harapkan dapat melengkapi proyek inovasi mereka. 

Mereka berharap agar hasil inovasi tersebut dapat didaftarkan untuk mendapat STNK.

“Karena sebelumnya motor itu pakai mesin biasa, dan sekarang pakai listrik. Jadi belum terdaftar,” kata Rizky yang tercatat sebagai mahasiswa jurusan teknik elektro.

Ia juga berharap proyek inovasi mengubah vespa klasik jadi vespa listrik yang dilakukannya bersama tim dan para dosen dapat menginspirasi mahasiswa Indonesia. Khususnya FTMM Unair untuk terus berinovasi dan berkontribusi kepada masyarakat. Terutama turut membangun masyarakat Indonesia yang maju dan berdaya saing global. (dari berbagai sumber)

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in