Jika Mau Timnas Berprestasi, Shin Tae-yong Minta Liga 1 Berbenah

Nusantaratv.com - 04/01/2022 07:08

Shin Tae-yong. (Net)
Shin Tae-yong. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, berharap ada peningkatan kualitas liga domestik. Ini untuk mendukung performa skuad Garuda di ajang internasional.

Shin merupakan pelatih kelima yang mengantar Indonesia menjadi runner up Piala AFF setelah Nandar Iskandar, Ivan Kolev, Peter Withe, dan Alfred Riedl.

Pada Piala AFF 2020, ambisi membawa pulang trofi diganjal Thailand. Menurut Shin, kemenangan Thailand merupakan hal wajar, lantaran didukung ekosistem sepak bola yang bagus sehingga melahirkan pemain-pemain berkualitas.

"Thailand jelas kuat. Liga Thailand ada di peringkat pertama di Asia Tenggara. Tidak mudah meningkatkan level tim nasional jika liga domestik tidak mendukungnya," ujar Shin dikutip dari Yonhap, Selasa (4/1/2022). 

"Performa liga dan tempo pertandingan harus ditingkatkan," imbuhnya.

Rangking liga sepak bola Indonesia saat ini masih berada di bawah negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara.

Shin pun sebelumnya sempat menyatakan agar para pemain muda bisa bermain di luar negeri, mengikuti jejak Egy Maulana Vikri atau Asnawi Mangkualam, demi pengalaman bersaing di taraf yang lebih tinggi ketimbang liga lokal.

Permintaan perbaikan liga lokal dan dorongan agar para pemain merumput di luar negeri juga sempat dinyatakan pelatih Thailand, Alexandre Polking, ketika ditanya masalah ketidakmampuan negara-negara ASEAN bersaing di kawasan Asia.

Polking berharap negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, bisa membenahi kualitas liga lokal sehingga bisa meningkatkan level permainan para pelaku sepak bola yang bakal berguna demi kepentingan tim nasional.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Oleksandr Zinchenko-1645779348
Skuad Persebaya-1642785958