Wajib Tahu! Lima Tanda Pembekuan Darah  di Otak

Nusantaratv.com - 05/10/2022 21:45

Ilustrasi, sakit kepala
Ilustrasi, sakit kepala

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pembekuan darah terjadi karena adanya penumpukan darah yang sebelumnya cair menjadi berbentuk gel atau setengah padat.

Masalah pembekuan darah ini dapat membuat situasi menjadi berbahaya dan dapat mengancam jiwa, terutama jika terjadi di daerah otak yang merupakan organ vital manusia.

Ada banyak sebab yang mengakibatkan terjadinya pembekuan darah di otak. Seperti adanya riwayat keluarga, trauma pada otak akibat cidera, aterosklerosis, kebiasaan merokok, hingga kurang aktif bergerak. 

Lalu apa tandanya seseorang mengalami pembekuan darah di otak?

Melansir dari laman herstory, berikut bebeapa tanda seseorang mengalami pembekuan darah di otak yang perlu kita ketahui.

Gangguan penglihatan
Tanda awal terjadinya pembekuan darah di otak adalah gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan ini bisa dirasakan pada salah satu maupun kedua mata sekaligus.

Menurunnya penglihatan atau gangguan penglihatan bisa berlangsung sementara ataupun permanen, tergantung dengan keparahan yang terjadi.

Kesulitan berbicara
Sulit berbicara menjadi tanda lain seseorang mengalami pembekuan darah di otak. Sebab, ada kerusakan di bagian otak yang memproses bahasa dan komunikasi. Penderitanya akan sulit berbicara dan kata-kata yang keluar sulit dipahami.

Sakit kepala
Sakit kepala tanpa sebab disertai dengan gejala lain, seperti ingin muntah hingga kejang, bisa menjadi tanda seseorang menderita pembekuan darah di otak. Sakit kepala ini sering kali terjadi tiba-tiba, sangat berat, dan terasa intens.

Mati rasa
Tanda lain seseorang menderita pembekuan darah di otak adalah mati rasa atau kelumpuhan pada tubuh tertentu, seperti lengan, wajah, dan kaki, terutama di satu sisi tubuh.

Kebingungan dan disorientasi
Jika kamu sedang melakukan aktivitas seperti biasa dan tiba-tiba mengalami kesulitan berbicara, berpikir, atau memahami ucapan, bisa jadi tanda pembekuan darah di otak.

Untuk memastikan bahwa seseorang mengalami pembekuan darah di otak atau enggak, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, ya.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in