Wagub NTB Tekankan Pentingnya Pendidikan dan Kesehatan Untuk Kesejahteraan NTB

Nusantaratv.com - 04/10/2022 11:35

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah . Foto (Istimewa)
Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah . Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah menekankan pentingnya Pendidikan dan Kesehatan untuk kesejahteraan pembangunan di NTB. 

Hal tersebut disampaikan Sitti saat memberikan sambutan pada acara Dies Natalis Universitas Mataram Ke- 60 di ruang sidang Senat Lantai III Universitas Mataram, Senin (03/10/2022).

"Berbicara tentang IPM, NTB masih mempunyai PR yang cukup besar, banyak orang yang tidak sabar melihat IPM di NTB agar cepat beranjak. Namun menaikkan IPM NTB tidak seperti membangun infrastruktur karena memang faktor kesehatan, pendidikan, dan pertumbuhan ekonomi ini menjadi hal yang dominan", jelas Sitti.

Menurut Wagub Sitti, faktor pendidikan dan kesehatan menjadi yang sangat berat dibandingkan faktor ekonomi. Namun di balik itu semua NTB sudah menunjukkan percepatan yang termasuk terbaik di Indonesia dan dibutuhkan konsistensi.

"Jika kita berbicara tentang angka rata-rata lama sekolah, kontribusi dari Universitas Mataram dan semua perguruan tinggi di NTB memberikan kontribusi besar", jelasnya.

Lebih jauh Sitti menjelaskan, angka rata-rata lama sekolah sekarang sudah mencapai angka 8,2 persen di tahun 2021, sedangkan pada tahun 2020 sebesar 7,8 persen yang menunjukkan peningkatan.

Menurutnya, pentingnya kesadaran akan pendidikan membuat Pemprov NTB membuka sekolah-sekolah bagi yang putus sekolah agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat NTB. 

Sementara itu, Rektor Universitas Mataram,  Bambang Hari Kusumo menyampaikan bahwa Universitas Mataram terus bekerja dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang penelitian. 

"Kini UNRAM juga telah berhasil berada pada rangking 24 di kelas per mandiri telah berhasil melakukan publikasi ilmiah berdasarkan teknologi tepat guna, buku ajar makalah di berbagai forum nasional maupun internasional," kata Bambang.

Bambang menambahkan, pengabdian pada masyarakat juga tumbuh 135% dari tahun sebelumnya. 

Bambang menyebut, Simago University rangking yang berpusat di Spanyol menempatkan UNRAM pada peringkat ke-15 dari 2141 Perguruan Tinggi di Indonesia.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in