Hadir Di Pelantikan Apdesi DPC Kabupaten Serang, Yandri Susanto: Kepala Desa Harus Ikut Mengawal dan Menjaga Pembangunan

Nusantaratv.com - 06/12/2022 11:30

Wakil Ketua MPR Yandri Susanto/Dok MPR
Wakil Ketua MPR Yandri Susanto/Dok MPR

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Ratusan kepala desa dari berbagai wilayah di Kabupaten Serang, Banten, pada Sabtu 3 Desember 2022 memenuhi Lapangan Tenis Indoor, Komplek Kantor Bupati Serang. Mereka berada di sana untuk mengikuti pelantikan pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Serang.

Acara yang digelar pada pagi itu sangat menarik, selain ratusan kepala desa hadir di gedung itu, di sana juga hadir Wakil Ketua MPR H. Yandri Susanto SPt, anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar H. Tubagus Haerul Jaman, Bupati Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah, Ketua Apdesi DPC Serang Muhammad Maulidin Anwar, anggota DPRD Serang dan Banten, serta jajaran pimpinan daerah lainnya.

Yandri Susanto dalam sambutan acara mengucapkan selamat kepada pengurus Apdesi DPC Kabupaten Serang Periode 2022-2027 yang baru saja dilantik. 

"Selamat kepada para pengurus Apdesi," ujarnya. 

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengingatkan tahun 2023 bangsa ini memasuki tahun politik. Dikatakan pastinya tahun-tahun itu tensi politik yang ada akan meningkat.

Menghadapi naiknya tensi politik diharap oleh pria asal Bengkulu itu agar kepala desa bisa mengatur irama yang ada. Pada tahun politik mereka akan didatangi oleh para politisi maupun calon politisi. Kondisi yang demikian menurutnya rentan dengan berbagai masalah. Untuk itu diharap agar para kepala desa mampu menjaga mandat dirinya sebagai pimpinan di desa. 

"Tolong dijaga kehormatan yang ada agar masyarakat jangan pecah," tegasnya.

Hal demikian ditegaskan oleh alumni Universitas Bengkulu itu sebab kepala desa merupakan ujung tombak pemerintahan di Indonesia. 

"Semua ujung kegiatan pemerintahan ada di desa," ujarnya. 

Kegiatan itu dikatakan termasuk kegiatan politik. Dirinya menegaskan agar kepala desa menjadi katalisator agar di tahun politik itu di desa tidak ada keributan, fitnah, saling menjatuhkan. 

"Kepala desa harus bisa menjaga ketentraman," harapnya.

Sebagai ujung tombak pemerintahan, Yandri Susanto tak hanya mendorong para kepala desa mampu menjaga persatuan dan ketentraman di wilayahnya di tahun-tahun politik namun juga ditekankan kepala desa mampu mengawal pembangunan yang ada. Agar pembangunan bisa mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan, para kepala desa harus bisa memberikan data-data pembangunan yang benar, seperti data kemiskinan harus sesuai dengan yang dikriteriakan. 

"Bila data yang disampaikan benar maka kebijakan atau program yang dibuat oleh pemerintah tidak salah," ujarnya.

Untuk itu Yandri Susanto mengatakan perlu adanya kejujuran dari para kepala desa terkait dengan data-data yang ada. 

"Karena semua data yang dibutuhkan di republik ini berada di desa-desa," ungkapnya. 

Oleh sebab itu kepala desa harus benar-benar paham tentang pendataan tentang kemiskinan, indeks pembangunan manusia, perekonomian, dan lain sebagainya. 

"Data harus benar-benar jujur," ucapnya.

Lebih lanjut diharapkan para kepala desa di Serang tidak hanya menjaga pembangunan yang sudah ada namun ikut bersama dengan bupati untuk melakukan pembangunan. Diungkapkan pembangunan di wilayah itu sudah berjalan pada track yang benar. Kabupaten dan provinsi di wilayah Jawa bagian barat itu diakui dari waktu ke waktu semakin berkembang.

Disampaikan kepada semua yang hadir dalam acara itu, sebentar lagi Banten akan memiliki asrama haji. 

"Jadi nanti calon jamaah haji dari Banten tidak perlu berbondong-bondong ke Asrama Haji Pondok Gede Jakarta," paparnya. 

Diungkapkan proses pembangunan Asrama Haji Banten saat ini tengah berjalan. Pembangunan tower pertama sudah hampir rampung dan tahun depan akan dilanjutkan dengan pembangunan tower berikutnya. Kamar-kamar yang ada disebut setara dengan kamar di hotel berbintang.

Diharap pembangunan asrama haji yang berada di Kota Tangerang itu bisa disinergikan dengan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kota Tangerang. 

"Selama ini allhamdulillah semua berjalan dengan lancar," tuturnya. 

"Kita taregetkan tahun 2024 astrama haji itu bisa diresmikan dan bisa dinikmati rakyat Banten, khususnya para calon jamaah haji," tambahnya.

 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in