Bahaya Gas Air Mata Pada Saluran Pernapasan

Nusantaratv.com - 04/10/2022 21:12

Kepulan asap gas air mata yang ditembakan polisi untuk membubarkan kerumunan masa. (Foto: Tangkapan Layar)
Kepulan asap gas air mata yang ditembakan polisi untuk membubarkan kerumunan masa. (Foto: Tangkapan Layar)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Dari informasi yang didapat, ratusan korban jiwa yang meninggal di Stadion Kanjuruhan, Malang disebabkan banyak yang mengalami sesak napas efek dari adanya gas air mata yang ditembakkan oleh petugas.

Dokter Alfian Nur Rosyid mengatakan bahwa bahaya gas air mata pada saluran pernafasan jika terhirup bisa menyebabkan iritasi pada hidung, tenggorokan dan saluran pernapasan bagian bawah.

“Seseorang yang terhirup gas air mata dapat mengalami hidung berair, iritasi tenggorokan, rasa terbakar di saluran napas atas bahkan dapat terhirup sampai saluran napas bawah,” terang dokter spesialis paru-paru ini.

Efeknya jika sampai menghirup gas air mata ini bisa mengalami batuk berdahak hingga sesak napas tambah dokter Alfian.

Inhalasi (masuknya udara dalam paru-paru) gas air mata yang berlebihan apalagi disuatu ruangan yang tertutup atau banyak orang, bisa mengakibatkan kematian.

“Terutama bagi orang memiliki penyakit pari-paru, efeknya bisa fatal sekali,” terangnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa gas air mata yang terhirup oleh anak-anak bisa lebih bahaya dampaknya. “Bila terhirup dalam jumlah yang banyak dan tidak segera meninggalkan area yang mengandung gas air mata, dampaknya bisa sangat berbahaya,” tandasnya.

Sebelumnya, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Dede Nasrullah SKep Ns MKep juga mengungkapkan, ada tiga kandungan bahan kimia dalam gas air mata. Salah satunya yang sering digunakan adalah chloroacetophenone yang disingkat dengan CN dan chlorobenzylidenemalononitrile atau yang disingkat CS.

Senyawa CS ini berhubungan dengan reseptor syaraf yang dapat menyebabkan rasa nyeri, ketika gas air mata terpapar di kulit terutama pada bagian wajah dan mata akan menimbulkan rasa perih dan pedih.

Sumber: ngopibareng.id

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in