Xiaomi Luncurkan CyberOne, Robot Humanoid Seharga Rp1,5 Miliar

Nusantaratv.com - 12/08/2022 11:29

CyberOne dari Xiaomi adalah robot bionik humanoid skala penuh dengan tinggi 177 cm dan berat 52 kg. (Gizmochina)
CyberOne dari Xiaomi adalah robot bionik humanoid skala penuh dengan tinggi 177 cm dan berat 52 kg. (Gizmochina)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Xiaomi meluncurkan banyak produk di acara terbaru perusahaan. Namun, mungkin yang paling mengesankan adalah hadirnya robot humanoid ukuran penuh pertama Xiaomi yang disebut CyberOne.

Tentu saja, ini bukan pertama kalinya raksasa teknologi China itu meluncurkan produk robotik. Sebelumnya, Xiaomi meluncurkan CyberDog, robot berkaki empat mirip hewan anjing. Demikian dikutip dari Gizmochina, Jumat (12/8/2022). 

CyberOne adalah robot bionik humanoid skala penuh dengan tinggi 177 cm dan berat 52 kg. Robot ini dijuluki 'Metal bro' dan entah bagaimana ini juga telah diberi tanda zodiak, Leo. 

Wajah robot terbuat dari panel OLED melengkung dan dapat melihat dunia dalam 3D. Untuk pendengaran, robot ini dibekali dua mikrofon. Robot tersebut dilengkapi dengan algoritma kontrol seluruh tubuh yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi, yang dapat mengkoordinasikan pergerakan 21 sendi. 

Xiaomi mengatakan CyberOne dapat menginterpretasikan 45 emosi semantik manusia dan membedakan 85 semantik lingkungan. Robot ini diklaim mampu mempelajari keterampilan baru setiap hari.

Robot humanoid itu, menurut Xiaomi, menggabungkan mekatronik canggih dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dibuat oleh Robot Labs khusus perusahaan. Xiaomi menyatakan bahwa telah menggunakan sumber daya dan tenaga kerja yang signifikan untuk membuat CyberOne.

CyberOne hanyalah produk generasi pertama dan sebagian besar aspeknya masih dalam pengembangan. Perbandingannya masih jauh dengan robot Boston Dynamics. Namun, robot itu pasti telah mengalahkan purwarupa humanoid Tesla.

Suka atau tidak, Robot itu akan segera menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Robot CyberOne dari Xiaomi dibanderol sekitar 600.000 yuan (Rp1,3 miliar) hingga 700.000 yuan (Rp1,5 miliar), tapi sayangnya belum dikomersilkan.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in