WHO Luncurkan Jaringan Global Pantau Virus Corona

Nusantaratv.com - 28 Maret 2024

Ilustrasi. Virus Corona. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. Virus Corona. (Foto: Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (27/3/2024) meluncurkan jaringan baru untuk virus corona, CoViNet, untuk deteksi dini dan akurat, pemantauan dan penilaian SARS-CoV-2, MERS-CoV, dan virus corona baru di seluruh dunia.

CoViNet dibangun berdasarkan jaringan laboratorium rujukan Covid-19 milik badan kesehatan global yang didirikan pada masa-masa awal pandemi. 

Awalnya berfokus pada SARS-CoV-2, virus pandemi Covid-19, jaringan ini akan menangani virus corona yang lebih luas, termasuk MERS-CoV dan potensi virus corona baru.

CoViNet adalah jaringan laboratorium global dengan keahlian dalam pengawasan virus corona pada manusia, hewan, dan lingkungan, yang saat ini terdiri dari 36 laboratorium dari 21 negara di enam wilayah WHO, kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Xinhua, Kamis (28/3/2024).

Perwakilan dari laboratorium berkumpul di Jenewa pada Selasa dan Rabu untuk menyelesaikan rencana aksi untuk tahun 2024-2025, yang bertujuan meningkatkan kesiapan negara-negara anggota WHO dalam deteksi dini, penilaian risiko, dan respons terhadap tantangan kesehatan yang terkait dengan virus corona.

"Jaringan global baru untuk virus corona ini akan memastikan deteksi, pemantauan, dan penilaian virus corona yang penting bagi kesehatan masyarakat secara tepat waktu," kata Maria Van Kerkhove, penjabat Direktur Departemen Kesiapsiagaan dan Pencegahan Epidemi dan Pandemi WHO.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])