WHO Ingatkan Cacar Monyet Bisa Menular Lewat Seks

Nusantaratv.com - 22/05/2022 14:50

Ilustrasi penderita cacar monyet/ist
Ilustrasi penderita cacar monyet/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Penularan wabah cacar monyet semakin meluas. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan masyarakat dunia agar waspada terhadap penularan penyakit ini. 

Per Sabtu (22/5/2022), sudah ada 92 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi dan 28 kasus suspek dari 12 negara.

Menurut Ahli penyakit infeksi dari WHO, David Heymann, di beberapa negara kasus cacar monyet tampaknya menyebar gara-gara aktivitas seksual. Seseorang diketahui bisa terinfeksi cacar monyet bila melakukan kontak fisik, terpapar cairan tubuh dari orang sakit.

"Apa yang tampaknya terjadi sekarang adalah cacar monyet masuk ke populasi sebagai bentuk penyakit seksual, sebagai bentuk penyakit genital. Menyebar seperti penyakit infeksi menular seksual sehingga kasus penularannya meningkat di dunia," kata David, Minggu (22/5/2022).

Guna mencegah meluasnya wabah cacar monyet, WHO tengah mengadakan pertemuan untuk membahas rekomendasi ahli. Penyakit ini diakui cukup mengancam, namun kemungkinan tidak akan sampai menjadi pandemi.

Perlu diketahui, orang-orang yang memiliki gejala demam dan atau timbul bintil-bintil berisi cairan disarankan agar melakukan isolasi.

Penyakit cacar monyet pertama kali ditemukan di wilayah Afrika, tergolong penyakit menular endemi. Namun wabah yang terjadi sekarang ini bermula dari Inggris lalu menyebar ke Spanyol, Amerika Serikat hingga Australia. Cacar monyet biasanya hanya menimbulkan gejala ringan dan sudah tersedia vaksinnya.

"Ada vaksin yang tersedia, tetapi pesan yang paling penting adalah Anda dapat melindungi diri sendiri," pungkas David. (dari berbagai sumber)

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in