Waspada! Cacar Monyet Sudah Masuk Negara Tetangga RI

Nusantaratv.com - 20/05/2022 19:00

Ilustrasi penyakit cacar monyet/ist
Ilustrasi penyakit cacar monyet/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Penyakit cacar monyet yang mewabah di Inggris hingga Spanyol dilaporkan telah menyebar di Australia. Kasus tersebut merupakan pelancong berusia 40 tahun yang baru saja kembali dari Eropa.

Disebutkan, pria ini mengalami gejala ringan beberapa hari setelah melakukan perjalanan ke Sydney. Pihak berwenang Australia langsung mengisolasi pria tersebut beserta dengan kontak eratnya.

"Gejala secara klinis sesuai dengan cacar monyet," kata departemen kesehatan negara bagian New South Wales (NSW).

"Pejabat kesehatan telah mengambil langkah-langkah untuk mengidentifikasi dan mengelola potensi kasus cacar monyet termasuk peringatan klinis kepada dokter dan rumah sakit di seluruh NSW," imbuh Kepala Petugas Kesehatan negara bagian Kerry Chant.

Untuk diketahui, cacar monyet menjadi penyakit yang sebagian besar terjadi di Afrika barat dan tengah. Cacar monyet termasuk virus langka yang mirip dengan cacar manusia, meskipun lebih ringan. Kasus pertama kali dicatat di Republik Demokratik Kongo pada 1970-an. Namun dalam dekade terakhir kasus meningkat di Afrika Barat.

Gejala penyakit cacar monyet yang ditemukan meliputi:

-Demam
-Sakit kepala
-Ruam kulit mulai dari wajah dan menyebar ke seluruh tubuh

"Orang dapat tertular cacar monyet melalui kontak yang sangat dekat dengan orang yang terinfeksi virus. Infeksi biasanya merupakan penyakit ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu," kata Chant, mengutip detikcom.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in