Waspada! 100 Warga India Termasuk 17 Anak-anak Terinfeksi Virus Zika

Nusantaratv.com - 09 November 2021

Nyamuk hewan yang menularkan virus Zika/ist
Nyamuk hewan yang menularkan virus Zika/ist

Penulis: Ramses Manurung

Kanpur, Nusantaratv.com-Baru saja lolos dari hantaman pandemi covid-19 yang menewaskan jutaan warganya. India kembali harus menghadapi ancaman baru dari serangan virus Zika

Dilaporkan sedikitnya 89 orang termasuk 17 anak-anak di Kota Kanpur, India terinfeksi virus Zika. 

"Ada lonjakan kasus virus Zika dan departemen kesehatan telah membentuk beberapa tim khusus untuk menahan penyebarannya," kata Dr Nepal Singh, kepala petugas medis distrik Kanpur di negara bagian Uttar Pradesh, India. 

"Ada satu wanita yang sedang hamil dan kami memberikan perhatian khusus padanya,” imbuhnya. 

Untuk mencegah meluasnya wabah virus Zika, kata Singh, pihak berwenang meningkatkan pengawasan terhadap wabah dan menghilangkan tempat berkembang biak nyamuk yang menularkan virus.

Baca juga: Ribuan Wanita di Norwegia Alami Gangguan Menstruasi Setelah Divaksin Covid-19, di RI Bagaimana?

Amit Mohan Prasad, birokrat pemerintah Uttar Pradesh mengatakan ini adalah wabah pertama di negara bagian itu. Kasus Zika pertama di kota industri Kanpur terdeteksi pada 23 Oktober lalu dan jumlah kasus telah meningkat selama seminggu terakhir. 

"Orang-orang dites positif karena kami melakukan pelacakan kontak yang sangat agresif," jelas Amit, mengutip okezonecom, Selasa (9/11/2021).

Selain menghadapi pandemi covid-19, dalam beberapa tahun terakhir virus Zika telah menyerang sejumlah negara bagian di India.

Diketahui,  virus Zika pertama kali ditemukan pada 1947. Virus Zika ditularkan oleh nyamuk. Pada 2015 lalu wabah ini menjadi endemi di Brasil dan mengakibatkan ribuan bayi lahir dengan mikrosefali, kelainan yang menyebabkan bayi lahir dengan kepala kecil yang tidak normal dan otak yang kurang berkembang.

Sejauh ini belum ada informasi resmi dari pemerintah yang menyatakan kalau virus Zika telah masuk dan menyerang Indonesia. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])